Senin, 26 Maret 2012

Layanan Penelusuran Info di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN ''VETERAN'' Yogyakarta

Layanan Penelusuran Info di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN VETERAN Yogyakarta

Perpustakaan UPN VETERAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang di kelola oleh Perguruan Tinggi dengan tujuan membantu tercapainya tujuan perguruan tinggi.(Sulistiyo-Basuki, 1991:160). Tujuan Perguruan Tinggi tersebut yaitu Tri Darma Perguruan Tinggi, yang terdiri atas pendidikan dan pengajran, peelitian dan pengapdian kepada masyarakat. Oleh karena itu Perguruan Tinggi yang bersangkutan harus memperhatikan keberadaan perpustakaan dan berorientasi pada apa yang dibutuhkan ole sivitas akademiaka.sivitas akademika yaitu mahasiswa,dosen dan pegawai administrasi dan lainnya. (Mustafa, 1996:46).
Perkembangan teknologi menuntut peranan perpustakaan yang lebih professional lagi. Selain sebagai pusat informasi, pengguna juga menginginkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Salah satu cara untuk memperoleh informasi tersebut adalah dengan memanfaatkan internet. Perpustakaan perlu memanfaatkan internet sebagai penelusuran informasi (Sumarsih, 2002 : 18). Seperti yang dilakukan UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, yang saat ini menyediakan jenis layanan penelusuran informasi di ruang internet.
Layanan di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dibedakan menjadi tiga berdasarkan tempat atau ruang, antara lain adalah:

  1. Ruang sirkulasi
  2. Ruang baca / referensi
  3. Ruang internet
Dari  berbagai aspek diatas penulis membatasi bahasan tentang layanan penelusuran informasi yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.

B. Rumusan Masalah

Penulis memilih judul “LAYANAN PENELUSURAN DI UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA”, karena tidak semua perpustakaan perguruan tinggi menyediakan jenis layanan ini.
Berdasarkan latarbelakang yang penulis kemukakan maka rumusan masalah yang ingin dikembangkan dalam pembahasan  antara lain:
  1. Apa saja jenis layanan penelusuran informasi yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  2. Apa manfaat layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  3. Apa saja kendala yang dihadapi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  4. Bagaimana tanggapan pengguna terhadap layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?

B.     Tujuan

Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini wajib dilaksanakan setiap mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan program studi.
Adapun tujuan dari PKL antara lain:
  1. Mahasiswa dapat memahami aktifitas pustakawan sebagai sebuah profesi.
  2. Membantu mahasiswa menerapkan teori dalam praktek dan membandiingkan antara teori dengan praktek di lapangan.
  3. Menambah pengalaman dan wawasan dalam dunia kerja.
Tujuan penulis membahas topik mengenai layanan penelusuran informasi yang ada di Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:
  1. Menambah pengetahuan tentang jenis layanan penelusuran  informasi  di ruang internet  UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
  2. Mengetahui manfaat dari jenis layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
  3. Dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
  4. Mengetahui tanggapan pengguna mengenai layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.

D.    Tempat dan Waktu

Praktek Kerja Lapangan bertempat di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta beralamat di jalan SWK 104 (Lingkar Utara) Condong Catur Yogyakarta 55283.
Pelaksanaan PKL di mulai tanggal 16 Februaru sampai dengan 16 Maret 2004.
Praktek Kerja lapangan di laksanakan pada hari senin sampai dengan hari jum’at. Jawal waktu praktek kerja lapangan adalah sebagai berikut:
Senin-Kamis: 08.00-14.00 WIB.
Jum’at          : 09.00-14.00 WIB.

E. Metode Pengumpulan Data

Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode antara lain:
    1. Metode wawancara
Metode wawancara adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan pada para responden (Purawijaya, 1994:112).
 Dalam pelaksanaannya penyusun melakukan wawancara dengan kepala perpustakaan dan karyawan.



    1. Metode observasi
 Yaitu alat pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diselidiki (Narbuko, 2002:70).
Dalam pelaksanaannya penulis mengadakan pengamatan secara langsung kegiatan yang ada di perpustakaan sesuai dengan bidang yang dikaji.
    1. Metode dokumentasi
Yaitu meode pengumpulan data yang bersumber pada benda-benda tertulis seperti buku, majalah, dokumen dan sebagainya (Arikunto, 1998:144).
Dengan menggunakan metode tersebut diharapkan penulis memperoleh informasi yang berkaitan dengan bidang yang dikaji.
    1. Metode Angket
Yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan  kepada responden atau pertanyaan yang dikirimkan kepada responden baik secara langsung atau tidak langsung (melalui pos atau perantara) (Usman dan Akbar,1996 : 60). 
Dalam pelaksanaaannya penulis membagikan kuesioner kepada pengguna yang ada di perpustakaan.




F.   Sistematika Laporan

BAB I PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tempat dan waktu pelaksanaan PKL, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan laporan.
BAB II GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA
Berisi sejarah singkat, lokasi, visi dan misi, kedudukan, peran dan fungsi, struktur organisasi, personalia perpustakaan, pemakai perpustakaan, sarana dan prasarana, koleksi, kegiatan pokok perpustakaan.
BAB III LANDASAN TEORI
Berisi pengantar, bentuk layanan perpustakaan, sumber-sumber informasi untuk penelusuran terpasang, manfaat layanan penelusuran, mementukan jumlah sampel.
BAB IV LAYANAN PENELUSURAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA
Berisi jenis-jenis layananpenelusuran informasi, manfaat dari jenis layanan yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, kendala yang dihadapi dan analisis data.
BAB V PENUTUP                                                               
Berisi kesimpulan yang didapat setelah melaksanakan PKL dan saran bagi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.

Selengkanya Silahkan >>> DOWNLOAD

Tags: Layanan Penelusuran Info di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN VETERAN Yogyakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net