Senin, 26 Maret 2012

PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMU MUHAMMADIYAH I KLATEN

PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN

SIRKULASI UDARA


BAB I

PENDAHULUAN



Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia perpustakaan ditanah air kita demikian pesat. Dan dewasa ini sebagai akibat perkembangan dan kemajuan-kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, permintaan informasi dari para pemakai jasa layanan perpustakaan semakin meningkat.
Perpustakaan adalah pelayanan. Pelayanan berarti kesibukan. Bahan-bahan pustaka yang harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya, dikelas atau di luar kelas. Pemakaian bahan pustaka yang dinamis ini memerlukan kerja sama yang erat antara guru kelas, para pelajar dan pustakawannya (Nasution, dkk,1984 : 135).
Dalam sebuah perpustakaan terdapat beberapa jenis koleksi dan sumber informasi lainnya yang disimpan dan dikelola oleh staf-staf yang ahli dalam bidangnya, koleksi tersebut tidak akan bermanfaat apabila perpustakaan yang bersangkutan tidak melayankan koleksinya kepada pengguna.
Karena perpustakaan adalah sebagai tempat yang memberi berbagai informasi. Begitu juga perpustakaan sekolah. Selain sebagai pemberi informasi, perpustakaan sekolah juga berperan dalam menunjang program pendidikan pada umumnya sesuai kurikulum yang berlaku serta  mengembangkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan sumber informasi tercetak maupun terekam. Selain itu juga dapat membantu tugas-tugas guru dalam mengajar dan memperkaya ilmu pengetahuan.
Baik buruknya sebuah perpustakaan ditentukan oleh layanan sirkulasi yang diperolehnya dari perpustakaan. Menurut Martoatmojo (1998:43) betapapun besar koleksi yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan, tetapi kalau sirkulasi dan pemakaiannya tidak lancar, atau hanya sedikit saja yang memanfaatkannya, maka kecil sajalah arti perpustakaan tersebut. Tetapi sebaliknya, jika kegiatan yang dilakukan oleh bagian sirkulasi lancar dan aktif, maka perpustakaan tersebut boleh dikatakan baik.
Kunci keberhasilan dalam pelayanan sirkulasi adalah jasa layanan yang sebaik-baiknya kepada pemakai jasa perpustakaan secara efektif dan efisien, serta informasi dapat ditemukan kembali secara cepat dan tepat.
Berdasar latar belakang tersebut, maka penulis bermaksud menulis laporan ini dengan judul “Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan SMU Muhammadiyah I Klaten”.

Rumusan Masalah

Berdasar latar belakang masalah, maka dalam laporan ini rumusan masalah yang akan dibahas adalah :
1.      Sistem pelayanan apakah yang digunakan di Perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten.
2.      Kegiatan pelayanan sirkulasi apa saja yang ada di Perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten.
3.      Apakah pelayanan sirkulasi di Perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten sudah efektif dan efisien
4.      Apakah Pelayanan sirkulasi di Perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten sudah berfungsi dan sesuai dengan kebutuhan pemakai.

Tujuan Pembahasan

  1. Tujuan Pembahasan PKL
a.       Menerapkan teori-teori perkuliahan
b.      Memperluas wawasan dan memperoleh gambaran tentang dunia perpustakaan
c.       Mengembangkan ilmu pengetahuan dalam PKL
d.      Memahami kegiatan di perpustakaan
e.       Sebagai salah satu syarat kelulusan program Diploma III
f.       Membandingkan antara teori perkuliahan dengan praktek yang dilaksanakan selama PKL
2.      Tujuan penulisan laporan
a.       Untuk mengetahui bagaimana Pelayanan sirkulasi yang ada di Perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten
b.      Untuk mengetahui proses Pelayanan sirkulasi yang ada di Perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten
c.       Untuk mengetahui masalah-masalah yang muncul dalam pelayanan di Perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten.

Waktu Pelaksanaan

Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan dalam waktu 25 hari, yaitu mulai tanggal 16 Februari sampai dengan tanggal 16 Maret 2004 di Perpustakaan SMU Mhammadiyah 1 Klaten, Jl. Sersan Sadikin No. 89 Klaten.

Metode Pengumpulan Data

Dalam penyusunan laporan, penulis menggunakan metode sebagai berikut :
1.      Metode Observasi, yaitu suatu pengamatan yang khusus dan pencatatan yang sistematis ditujukan pada satu atau beberapa faset masalah didalam rangka penelitian dengan maksud untuk tujuan mendapatkan data yang diperlukan untuk pemecahan persoalan yang di hadapi (Asyari, Sapari Imam, 1981 : 82 ).
2.      Metode Wawancara, yaitu tanya jawab dengan seseorang (pejabat dan sebagainya) yang diperlukan untuk dimintai keterangan pendapat mengenai suatu hal ( Pusat Pembinaan  dan Pengembangan Bahasa, 1995 : 1127 ).
3.      Metode Dokumentasi, yaitu penyusunan, penyimpanan, temu balik, penyebaran dan evaluasi informasi, bagaimana cara merekamnya dalam bidang sains, teknologi, seni dan kemanusiaan ( Sulistyo-Basuki, 1996 : 13 )

Sistematika Penulisan

BAB I  PENDAHULUAN
Pada Bab ini memuat dari latar belakang masalah, rumusan masalah,  tujuan laporan, waktu pelaksanaan PKL,  metode pengumpulan data dan sistem penulisan laporan PKL, yaitu di Perpustakaan SMU Muahammadiyah 1 Klaten.
BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PKL
            Berisi deskripsi tentang lokasi PKL secara umum, dengan memaparkan kondisi riil semua aspek yang terdapat pada lokasi PKL. Yaitu tentang letak geografis, sejarah perpustakaan, fungsi perpustakaan, peran perpustakaan,  struktur organisasi, personalia, lokasi, gedung dan sarana, anggaran, koleksi, dan peraturan peminjaman di perpustakaan SMU Muhammadiyah 1 Klaten
BAB III.    LANDASAN TEORI
Berisi tentang permasalahan dan pemecahannya yang ada di Perpustakaan SMU Muhammadiyah I Klaten, yaitu : fungsi perpustakaan sekolah, pengertian pelayanan sirkulasi, tujuan pelayanan sirkulasi, jenis kegiatan perpustakaan, pelayanan pemakai, dan bimbingan pengguna perpustakaan di Perpustakaan SMU Muahammadiyah 1 Klaten.
BAB IV PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMU MUHAMMADIYAH I KLATEN
            Membahas sistem pelayanan, jenis-jenis koleksi, jenis kegiatan sirkulasi,sistem kendali, jam buka pelayanan, ruang perpustakaan dan hambatan-hambatan di perpustakaan SMU Muhammadiyah I Klaten.
BAB V  PENUTUP
            Berisi tentang kesimpulan dan saran-saran.


Selengkapnya Silahkan >>> DOWNLOAD

Tags: PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMU MUHAMMADIYAH I KLATEN
Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net