Senin, 26 Maret 2012

PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN JURUSAN GIZI YOGYAKARTA


PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN JURUSAN GIZI YOGYAKARTA
sdm
Oleh Team www.seowaps.com

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar belakang

Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga informasi, harus dapat mengikuti perkembangan informasi, agar perpustakaan dapat berfungsi dengan semestinya. Salah satu fungsi perpustakaan adalah mengembangkan pendidikan, yakni memberikan kepada pengguna untuk dapat memanfaatkan seluruh informasi yang disajikan oleh perpustakaan (Karmidi, 1999:50 Syihabuddin Qolyubi, dkk. 2003:309).
Dalam penyajian informasi kepada para pengguna, perpustakaan harus dapat menyajikan dan mengelola informasi tersebut secara baik, sehingga para pengguna dapat menggunakan dan memanfaatkan informasi secara efektif dan efisien. Pengelolaan informasi di perpustakaan akan berkembang jika didukung oleh karya, bakat, kreativitas, dan dorongan sumber daya manusia yang mau bekerja dengan baik.
Staf perpustakaan merupakan sumber daya manusia yang sangat penting dan berperan. Mereka dapat mengatur alokasi sumber daya bagi perkembangannya, mampu menyajikan pelayanan kepada pengguna sepuas mungkin, mampu memenuhi seluruh sarana-prasarana dan perlengkapan yang diperlukan, dan merekalah sebagai penentu yang dapat mengantisipasi berbagai gambaran dan imajinasi untuk perkembangan perpustakaan yang akan dicapai di masa mendatang (Syihabuddin Qolyubi, dkk. 2003:311).
Pengaruh sumber daya manusia sangat besar dalam sebuah organisasi. Dalam hal ini perlu diadakan sebuah perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Sehingga dengan adanya hal tersebut akan diketahui kekuatan sumber daya manusia dalam mengelola suatu organisasi, khususnya organisasi perpustakaan.
Di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Jurusan Gizi, dalam menghadapi perkembangan informasi yang semakin maju, dan tuntutan pengguna akan informasi yang semakin bertambah, diperlukan staf dalam pengelolaan informasi, agar informasi dapat disajikan sesuai dengan aturan yang berlaku dan kebutuhan pengguna terpenuhi. Sehingga diperlukan perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia yang tepat pula.

B.     Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
“ Bagaimana perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Politeknik Jurusan Gizi ? “

C.    Tujuan Laporan

Untuk mengetahui perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Jurusan Gizi yang diharapkan mampu menjadi pengelola informasi yang handal dan kreatif.

D.    Tujuan Tema
 Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia dalam perpustakaan perlu dilalukan, sehingga diketahui kekurangan-kekurangan yang ada di perpustakaan tersebut.

E.Waktu dan Tempat Praktik
Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan mulai tanggal 16 Februari sampai dengan 16 Maret 2004. Tempat Praktik Kerja Lapangan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Yogyakarta, Jl. Tata Bumi No. 3 Gamping, Sleman, Yogyakarta.

F. Metode Pengumpulan Data
Dalam menyusun laporan metode yang digunakan antara lain :
a.       Observasi yaitu pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian (S. Margono, Bab :  VIII). 
Dengan metode observasi dapat diperoleh data mengenai : kegiatan pokok khususnya pengolahan bahan pustaka, kekurangan dan kelebihan, dan hambatan kerja.
b.      Wawancara yaitu suatu kegiatan untuk mendapatkan informasi secara langsung dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan pada para responden. Wawancara bermakna berhadapan langsung antara interviewer(s) dengan responden, dan kegiatannya dilakukan secara lisan (P. Joko Subagyo, 1991:39).
Dengan metode wawancara dapat diperoleh data mengenai : pengadaan, jumlah koleksi, anggaran, fasilitas, pengguna, perekrutan, pendidikan, kesejahteraan, dan penilaian kemampuan kerja.
c.       Dokumentasi yaitupengumpulan data melalui peninggalan tertulis terutama arsip dan buku-buku tentang pendapat, teori, dalil/hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penyelidikan ( Nawawi, 1987 : 133 ).
Dengan metode dokumentasi dapat diperoleh data mengenai : struktur organisasi, gedung, dan pembagian kerja/tugas.
d.      Tinjauan Pustaka yaitu semua sumber bahan pustaka mengenai teori-teori yang berhubungan dengan penulisan laporan.
Dengan metode tinjauan pustaka dapat diperoleh data mengenai : isi laporan yang mengacu pada buku-buku tertentu, dan pengertian-pengertian.

G. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan yang penulis susun, sebagai berikut :



BAB I Pendahuluan
Bab ini berisi latar belakang, perumusan masalah, tujuan laporan, waktu dan tempat praktik, metode pengumulan data, dan sistematika penulisan.

BAB II Gambaran Umum
 Bab ini berisi  sejarah, tujuan dan fungsi perpustakaan, struktur organisasi,  personalia,  anggaran,  kegiatan pokok,  fasilitas,  gedung,  koleksi,  dan pengguna.
BAB III Landasan Teori
Bab ini berisi kajian literatur perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia.
            BAB IV Pembahasan Perencanaan dan  Pengembangan Sumber Daya        Manusia
Bab ini berisi kajian :Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia, diantaranya : Perekrutan, pembagian kerja, pendidikan formal dan non formal, dan kesejahteraan.
Juga berisi kelebihan dan kekurangan, penilaian kemampuan kerja dan hambatan kerja.
BAB V Penutup
             Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran.

Selengkapnya Silahkan >>>DOWNLOAD

Tags: PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN JURUSAN GIZI
YOGYAKARTA
Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net