Senin, 26 Maret 2012

PESAN DAKWAH DALAM PEMENTASAN TADARUS PUISI TEATER ESKA IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA


PESAN DAKWAH DALAM PEMENTASANTADARUS PUISI TEATER ESKA IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )

 Oleh Team www.seowaps.com

Latar Belakang Masalah

Dalam konteks sosial budaya, fungsi pengembangan kesenian bernafaskan Islam adalah untuk menjalin silaturahmi, khususnya dalam memperlihatkan, menawarkan dan mengajak sesama manusia untk mendekatkan diri kepada-Nya melalui cara yang bijak dan baik. Dengan demikian, seni ditempatkan sebagai aspek integral dari dakwah.10)
Namun demikian, itu tidak berarti bahwa seni Islam harus selalu berisi nasehat, hukum, arahan, dan sebagainya. Bentuk seperti itu justru akan merusak nilai kesenian itu sendiri. Seni, di satu sisi, memang mempunyai fungsi tertentu, tetapi ia juga tidak boleh diberi beban melebihi kadar kemampuanya. Keindahan dan pesona merupakan sifat azali kesenian, dan fungsi apapun yang dibebankan kepadanya harus selalu dalam batas-batas yang tidak merusak atau mengurangi pesona keindahannya.  Bentuk-bentuk ekspresi keindahan harus selalu dikembangkan agar kekuatan pesonanya sama besarnya dengan kekuatan muatan pemikirannya.11)
Seni sebagai media dakwah, dapat dijalankan oleh siapa saja tanpa harus berpijak pada profesionalisme (status kesenimanan). Sedangkan untuk menciptakan seni secara hikmah, menuntut adanya spesialisasi atau  kesungguhan, pendalaman dan pengetahuan serta prosedur-prosedur yang melingkupi.12)
Pertama, praktik-praktik seni sebagai media dakwah di ruang publik, telah memperlihatkan diri ke arah kecenderungan-kecenderungan budaya yang bersifat praktis, rekreatif dan lebih menonjolkan bentuk keindahan luar. Tidak lebih dari sekedar memberi nilai atau muatan Islam terhadap bentuk seni tradisi atau modern yang telah ada dan populer.13)
Sedangkan yang kedua, proses-proses penciptaan dan pertunjukan seni secara hikmah, membiaskan ciri-ciri kultural yang bersifat integralistik, kontemplatif dan selalu berusaha untuk mewujudkan bentuk keindahan dalam. Oleh sebab itu, setiap momentum seni yang memiliki kemungkinan untuk diberi “model” harus ditempuh dan dieksplorasi secara maksimal, sehingga hampir seluruh dan sepenuh proses penciptaannya, merupakan bagian, bukti atau esensi dari kebenaran Islam itu sendiri yang ditampakkan secara plastis dan simbolik.14)
Perkataan hikmah biasa diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dengan bijaksana atau kebijaksanaan. Muhammad Abduh dalam Tafsirnya al-Manar mendefinisikan hikmah dengan memahamkan rahasia dari tiap-tiap sesuatu, juga sebagai ilmu yang shaheh (benar dan sehat) dan mengarahkan kemauan untuk melakukan sesuatu perbuatan yang bermanfaat. 15)
Untuk mentransformasi seni kedalam hikmah, secara tidak langsung telah memunculkan faham estetika ke dalam proses imajinasi, ekspresi dan kreativitas serta alternatif-alternatif seni sebagaimana yang disetujui oleh al-Qur’an. Bahwa seni, apapun bentuknya, menghendaki adanya kesadaran relegiusitas sebagai konsekwensi logis dari pertautannya dengan ajaran Islam. Oleh sebab itu, setiap nilai keindahan yang memancar dari seni Islam, mencuatkan faham penolakan yang serius terhadap penciptaan dan akibat-akibat seni yang menyeret manusia  kearah kerusakan moral dan kemurtadan spiritual.16) Untuk mencapai tujuan itu,  berbagai kemungkinan seni yang dapat ditransformasi kedalam hikmah, dapat diturunkan pengertian dan makna konotatifnya kedalam prosedur-prosedur teologis maupun estetis yang malandaskan dinamikanya pada sumber-sumber al-Islam. Yakni al-Qur’an, al-Hadits, hukum dan pengetahuan yang dikeluarkan dari keduanya serta penafsiran dan kontekstualisasinya dalam kehidupan dan sejarah kebudayaan manusia. Tercakup juga didalamnya, visi dan orientasi, motivasi dan prestasi, inovasi dan orisinalitas serta intensitas dan konsistensi seni maupun seniman yang membias dalam cermin agama. Melalui penalaran tersebut, hampir tidak mungkin bagi seniman untuk dapat memperteguh keyakinan dan faham estetisnya tanpa membaca ulang dan mandalami sekuatnya terhadap sumber inspirasi, isyarat-isyarat, metafora dan spiritualitas keindahan yang dipancarkan oleh al-Qur’an. Meneliti dan mendekati berbagai fakta historis dari pertumbuhan dan perkembangan ekspresi estetik seni Islam itu sendiri yang telah menyata dalam ruang kebudayaan.17)
Sama halnya dengan Teater Eska, dimana sebagai lembaga kesenian di lingkungan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah sebuah wadah berkesenian yang memiliki cita-cita kesenian yang sesuai dengan konsep kesenian Islam. Ini dapat dilihat dari visi, misi dan orientasinya yang menekankan keseimbangan antara estetika dan etika untuk mewujudkan kesenian yang transendental. Di dalam proses kreatif, yang tertuang dalam program kerja, dalam bentuk-bentuk pementasannya tidak pernah terlepas dari cita-cita tersebut. Salah satu bentuk pementasan yang khas –digagas oleh Teater Eska-- adalah pementasan ‘tadarus puisi‘ yang pada awalnya dikemas untuk mengisi kegiatan bulan Ramadhan. Hingga tahun 2002 telah 11 kali mementaskan tadarus puisi dengan format dan materi yang beragam, sesuai dengan perkembangan pemahaman para kreatornya dalam berproses dan menciptakan bentuk-bentuk pementasannya.
Berdasarkan pemaparan diatas inilah yang mendorong penulis untuk melakukan sebuah penelitian dengan menjadikan pementasan tadarus puisi sebagai obyek penelitian, yaitu:
1.      Keluk Gurindam (1998)
Dipentaskan pada Ramadhan 1419 H (19 desember 1998) di Auditorium IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sutradara  oleh Edeng Syamsul Ma’arif, penata gerak Brojo Seno Adjie, penyusun naskah dan penata musik Faaizi L. Kaelan. sebagai pengadaptasi dan  pengaransement musik pada pementasan ini.
Tanggal 26 April 2002 dipentaskan di Auditorium Universitas 17 Agustus Cirebon pada acara Muhibah Seni atas undangan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus dan Dewan Kesenian Cirebon.
2.      Kabar Dari Langit (2000)
Pementasan dilaksanakan pada Ramadhan 1421 H (10 Desember 2000) , bertempat di Auditorium IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penyusun naskah dan sutradara Solichul Hadi.
3.      Ziarah Abadi (2001)
Pementasan dilaksanakan pada Ramadhan 1422 H (5 Desember 2001) di Auditorium IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengadaptasi naskah dan Sutradara Zuhdi Siswanto.
Tanggal 9 Desember 2001 dipentaskan di Auditorium STIE Kerjasama Yogyakarta dalam acara Ramadhan di Kampus atas undangan Teater GEMA STIE Kerjasama Yogyakarta.
Sedangkan dalam skripsi ini penulis mengkonsentrasikan pada pesan apa saja yang terkandung dalam pementasan tadarus puisi. Ketiga pementasan tersebut, penulis melihat kesamaan dalam inti dari sebuah pesan religius dari perjalanan seorang dalam mencari dan mengenal Tuhannya untuk kembali melihat eksistensi diri sebagai hamba yang diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang sempurna.
Dari keinginan yang kuat untuk mengetahui pesan religi yang terkandung dalam sebuah pementasan tadarus puisi yang diselenggarakan oleh Teater Eska.

Rumusan Masalah

Berdasarkan deskripsi di atas, dapat dirumuskan beberapa masalah yang berhubungan dengan penelitian dan penyusunan skripsi ini, yaitu:
§  Apa pesan dakwah yang terdapat dalam Pementasan Tadarus Puisi ?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian dan penyusunan skripsi ini adalah :
§  Untuk menggali dan menguraikan muatan dakwah yang terdapat dalam Pementasan  Tadarus Puisi.

Kegunaan Penelitian

Kegunaan Teoritis
Melengkapi khazanah pengetahuan Ilmu Dakwah secara akademis.
Menjadi sumbangan secara tertulis bagi para da’i ataupun calon da’i dalam pengembangan kualitas keilmuan.


Kegunaan Praktis
Mejadi acuan bagi lembaga lain yang akan mengembangkan dakwah melalui pementasan.
Pelurusan sejarah kebaradaan Teater ESKA, baik di dunia kesenian   maupun kontribusinya terhadap dakwah Islamiyah.

Kerangka Pemikiran Teoritik

Tinjauan tentang Pementasan
Pengertian Pementasan.
Pementasan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti proses, cara, perbuatan mementaskan18). Ada sebuah kata yang sepadan dengan pementasan yaitu kata pemanggungan yang berarti proses, cara, perbuatan memanggungkan.19)
Pementasan merupakan aktivitas kompleks dan beragam, berupa penerjemahan potensi naskah, skenario atau perancangan improvisasi menjadi aktual. Secara normal sebuah pementasan membutuhkan usaha kreatif dan kerjasama beberapa personal, yaitu penulis naskah, sutradara, aktor, perancang dan teknisi.20)
1). Penulis naskah, orang yang menulis, pengarang – naskah. 21)
Beberapa penulis naskah yang baik, gagal ketika harus menghadirkan karyanya di atas panggung. Hal ini dikarenakan mereka tidak memahami seni panggung. Seni panggung adalah karya visual, sedangkan penulis, pelukis dan penari, tetap harus menggunakan warna, garis, ruang dan cahaya dengan cara yang unik. Seni panggung adalah seni meruang dan mewaktu dilengkapi dengan irama dan suara serta musik.22)  
2). Sutradara, pemimpin yang bertanggung jawab atas jalannya sebuah pementasan. Ia mengatur irama jalannya pementasan hingga berakhir.23)
Ada empat tahap proses penyutradaraan menurut sejarah kehadirannya, yaitu:
1.      Sutaradara-Guru; Penyutradaraan pada awal kemunculannya dianggap sebagai bentuk pengajaran atau pendidikan. Orang Yunani menamakan sutradara sebagai didaskalos yang berarti ‘guru’. Di abad pertengahan orang Eropa menyebut sutradara dengan master. Dalam pengertian pendidikan, tugas seorang guru adalah memindahkan pengetahuan kepada seseorang yang dipandang belum berpengalaman. Sering terjadi seorang pengarang menyutradarai sendiri naskahnya dalam rangka mengajarkan pada para aktornya memahami naskah. Cara ini seperti yang dilakukan oleh Moliere dan Shakespeare, dan cara ini menjadi  model yang efektif bagi seorang sutradara-guru-pengarang diabad XVII, dan juga dimasa sekarang.24)
2.      Sutradara Realis; Menjelang akhir abad XIX muncul beberapa sutradara yang mempelajari kembali berbagai konvensi pertunjukan dengan berusaha keras dan dengan berbagai cara membuatnya lebih keseharian. Pelopor aliran ini adalah George II Duke of Saxe Meiningen (1887), Andre Breton yang memulai gerakan realisme di Paris melalui Theatre Libre, dan Constantin Stanilavsky di tahun 1889. Ketiganya memulai penyutradaraan dengan konsep-konsep dan teknik pelatihan akting.25)
3.      Sutradara Stilisasi; Tahap ini merupakan gabungan antara kerja penyutradaraan dengan penulisan non realis dalam rangka menghasilkan pementasan stilisasi modern.  Sutradara stilisasi lebih mementingkan kreasi mereka tentang originalitas, teatrikalitas dan gaya di setiap penyutradaraannya. Tujuan sutradara stalisasi adalah menggali kecerdasan, keindahan dan kegairahan teatrikal, dan mendorong kelompoknya pada eksplorasi tentang teater murni dan imajinasi teater murni. Vsevohold Meyerhold, murid Stanislavsky memulai penyutradaraan stilisasi dengan konsepnya biomechanical constructivism sebagai bentuk yang bertentangan dengan realisme. Gerakan gaya penyutradaraan stalisasi mengenalkan rancangan simbolis, ekspresif, abstrak, dan penampilan-penampilan eksplosif, serta metode-metode akting baru tertentu. 26)
4.      Sutradara Kontemporer; Fungsi penyutradaraan berubah dari mengajarkan apa yang sebenarnya menjadi mencipta sesuatu yang aneh dan tidak dikenal. Layaknya seorang sutradara menghadapi kanvas kosong tetapi ditangannya terdapat palet dan cat warna-warni. Konsep masa lalu tidak dibuang di keranjang sampah tetapi siap dihidupkan kembali dengan efek-efek yang lebih menggetarkan. Dalam konsep penyutradaraan kontemporer, tak ada pertanyaan yang terjawab secara otomatis, tak ada gaya yang wajib dianut, tak ada penafsiran yang selalu benar. Jean Paul Sartre mengatakan bahwa manusia mendapat hukuman dengan hidup secara bebas.27) 
Adapun tugas sutradara adalah:
1). Menemukan nada dasar yang  tepat untuk pementasan,
2). Menentukan casting,
3). Menentukan teknis dan tata rias,
4). Menyusun mise en scene, segala perubahan yang tejadi pada daerah permainan yang disebabkan oleh perpindahan pemain atau setting,
 5). Menguatkan dan melemahkan naskah yang dipentaskan,
6). Menciptakan aspek-aspek laku,
7). Mempengaruhi jiwa aktor/aktris.28)
Unsur penting dari kemunculan seorang sutradara tidak terbatas pada penciptaan bentuk-bentuk baru, tetapi mereka juga menghadirkan cara menafsirkan karakter secara psikologis. Hasilnya adalah pemaknaan-pemaknaan karakter yang tak terbatas. Pada saat sisi psikologis manusia manjadi titik pusat analisis, peran dan tugas seorang sutradara menjadi lebih sekedar “guru”. Ia menjadi seorang analis, sekaligus terapis, bahkan ahli mistik. Substansi fungsi kerjanya meningkat.29)
3). Aktor atau seniman pemeranan adalah seniman yang mewujudkan lakon (sosok-sosok pelaku di dalam sebuah cerita atau lakon) kedalam realitas seni pertunjukan.30)
Bagi seorang aktor, seni akting merupakan sublimasi kombinasi antara kebebasan yang muncul tanpa nama dengan kepuasan ego yang hadir dalam bentuk eksibisionisme. Jadi para aktor biasanya mengungkap-kan “hilangnya diri mereka”, tetapi sekaligus “menemukan diri mereka“ dalam permainan. Keadaan ini berlangsung secara simultan.31)
4). Perancang, orang yang merancang, kata kerjanya merancang yang berarti mengatur segala sesuatu (sebelum bertindak, mengerjakan atau melakukan sesuatu); merancang. Kata bendanya adalah rancangan yang berarti sesuatu yang sudah dirancang, hasil merancang, rencana, program, desain.32) 
5). Teknisi, ahli teknik yang berasal dari kata teknik yang berarti:                  1). Pengetahuam dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri (bangunan/mesin); 2). Cara (kepandaian dsb.) membuat atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan seni; 3). Metode atau sistem mengerjakan sesuatu.33)
Unsur-unsur Pementasan
Menurut Waluyo, pentas adalah bagian dari area pertunjukan yang ditata sedemikian rupa menjadi tempat pertunjukan. Sedang penataan tempat merupakan hasil yang dibentuk dari visi naskah kedalam kenyataan panggung. Adapun perlengkapan pentas terdiri dari tata panggung, tata rias, tata bunyi, tata sinar, dan tata pakaian.34)
1.)    Tata panggung (dekorasi) adalah pemandangan yang menjadi latar belakang dari sebuah tempat yang digunakan untuk pementasan atau bagian yang bertugas untuk membantu dan mengatur perlengkapan (property), menciptakan suasana tempat dimana pemain tampil untuk membawakan lakon, tarian, nyanyian berdasarkan naskah.35)
2.)    Tata rias adalah seni menggunakan bahan kosmetika untuk mewujudkan wajah peranan. Tata rias digunakan untuk merubah atau menyesuaikan wajah dan tubuh asli si pemain menjadi wujud lain untuk memenuhi kebutuhan artistik, perwatakan dalam naskah, memperindah penampilan dan penegasan karakter.36)
Tata rias perlu memperhatikan dua hal, yaitu penyinaran lampu/lighting dan jarak antara penonton dengan yang ditonton.37)
Titik tolak pemikiran tata rias adalah:
a.       Melihat jelas apa yang dikemukakan untuk suatu peran tertentu,
b.      Kepribadian pemain, seperti jenis bangsa, watak dan usianya,
c.       Berhubungan dengan keseluruhan pertunjukan harus diperhatikan hakekat dramanya.38)
3.)    Tata bunyi, eksistensi pertunjukan adalah bersifat audio visual, yaitu bisa didengar dan bisa dilihat.39) Maka tata bunyi sangat diperlukan karena mempunyai tujuan untuk menghidupkan suasana lakon secara kreatifitas. Tata bunyi merupakan hasil suara yang berasal dari dialog pemain, efek bunyi dan alat musik.40) Namun demikian, musik bagi sebuah pemanggungan atau untuk film berbeda dengan musik yang berdiri sendiri.41)
4.)    Tata sinar adalah seni menggunakan lampu yang tujuannya menerangi dan menyinari pentas.42)
5.)    Tata pakaian (kostum) adalah segala pakaian dan perlengkapannya (aksesoris) yang dikenakan untuk pemain baik yang kelihatan maupun yang tidak oleh penonton di dalam pentas.43)
Tahap Perancangan Pementasan
Ada empat tahap perancangan pementasan,44) yaitu:
1.)    Perancangan; panggung diterjemahkan dari naskah ke konsep kerja panggung, yaitu diwujudkan melalui ruang, waktu, karakter dan warna panggung oleh sutradara.
2.)    Pelatihan; merupakan tanggung jawab sutradara untuk melihat bahwa pemanggungan diterjemahkan melalui audio visual, suara dan tubuh aktor, serta perancangan kostum dan skenario.
3.)    Pemanggungan; penulis, pengedit, penterjemah naskah, sutradara dan perancang menyaksikan bersama jalannya pemanggungan, sementara manager panggung dan teknisi membantu aktor menghadirkan pertunjukan kehadapan penonton.
4.)    Pemberitaan; publikasi dan promosi menentukan keberhasilan atau kegagalan menjaring penonton. Untuk itu diperlukan tim kerja produksi pemberitaan yang kompak dan tepat. Tugas tim adalah memilih media-media promosi, dan menentukan golongan penonton dengan kecenderungan selera tertentu yang diharapkan menghadiri pementasan.

Tinjauan tentang Dakwah
a)      Pengertian Dakwah
Secara etimologis dakwah berasal dari bahasa arab yang berarti ajakan, seruan, panggilan, undangan. Dalam ilmu tata bahasa Arab kata dakwah merupakan bentuk dari isim masdar yang berasal dari fiil (kata kerja) “    يدع  -   عى د “, yang berarti memanggil, mengajak, menyeru. 45)
Syeikh Ali Makhfuz dalam kitabnya ‘Hidayatul Mursyidin’  memberikan definisi dakwah sebagai berikut:
حث للنّاس على الخير والهدى والامر بالمعروف والنهي عن المنكر ليفوذوا بسعادة العاجل الاجل

“Mendorong manusia agar memperbuat kebaikan dan menurut petunjuk, menyeru mereka agar berbuat kebajikan dan melarang mereka dari perbuatan munkar agar mereka mendapat kebahagiaan di dunia dan di akherat.”46)
Menurut Slamet Muhaimin Abda dakwah berarti mengajak, baik pada diri sendiri ataupun pada orang lain untuk berbuat baik sesuai dengan ketentuan ketentuan yang telah digariskan oleh Allah dan Rasul-Nya, serta meninggalkan perbuatan-perbuatan yang tercela (yang dilarang) oleh Allah dan Rasul-Nya.47)
Arti dakwah secara luas adalah penjabaran, penterjemahan dan pelaksanaan Islam dalam perikehidupan dan penghidupan manusia (termasuk didalamnya politik, ekonomi, sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, kesenian, kekeluargaan dan sebagainya.48)
Sedangkan dakwah Islam berarti mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Allah, untuk kemaslahatan dan kebahagiaan di dunia dan di akherat.49)
Andy Dermawan memberikan pembagian terhadap definisi dakwah Islam dengan dakwah normatif dan dakwah historis.



1.      Dakwah Normatif, yakni dakwah Islam yang bersumber asli dari al-Qur’an dan hadits Nabi SAW. Yang dikaji secara sistematik-dialektis-hermeneutik agar ajaran moralnya dapat ditangkap secara utuh tanpa melakukan reduksi atas keduanya.
2.      Dakwah Historis, yakni dakwah Islam yang berkembang paska Rasulullah SAW wafat sampai dengan saat sekarang ini yang dijadikan pertimbangan untuk memahami kedua sumber tersebut (al-Qur’an dan Hadits). Sedangkan karekteristik dari dakwah historis ini adalah selalu terbuka untuk menerima perubahan, dikritisi dan memberikan pemaknaan dan pemahaman kembali terhadap realitas dakwah yang ada. Inilah dakwah proses.50)
Berangkat dari beberapa pengertian di atas, dakwah dapat dipahami sebagai :
1.      Suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan dengan sadar dan sengaja.
2.      Usaha yang dilakukan itu berupa:
a.       Mengajak orang untuk beriman dan mentaati Allah SWT, atau memeluk agama Islam,
b.      amar ma’ruf, perbaikan dan pembangunan masyarakat (ishlah),
c.       nahi munkar, mencegah terhadap kemunkaran.
3.      Proses penyelenggaraan usaha tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akherat dengan ridho Allah SWT.51)
b)      Dasar dan Tujuan
Prinsip-prinsip dasar Dakwah Islamiyah tidak bisa dilepaskan  dari al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber dari segala sumber hukum dalam agama Islam. Firman Allah SWT. dalam surah Ali Imran ayat 104 :
ولتكن منكم امة يدعون الى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر واولئك هم المفلحون (ال عمران : 104)

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang senantiasa menyerukan kebajikan, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.”52)
Hadits Nabi Saw. dari Abi Said al-Khuduriy ra. yang berbunyi:         
من رأى منكم منكرا فليغيره بيده وان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان
“Barangsiapa diantara kamu melihat kemunkaran hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya (kekuasaan), jika tidak sanggup maka dengan lisannya (nasehat), jika tidak sanggup juga maka dengan hatinya (merasa tidak senang dan setuju, tinggalkan!), dan adalah selemah-lemahnya iman”. (HR. Muslim)53)
Dari ayat al-Qur’an dan Hadits Nabi tersebut dapat dimengerti bahwa tugas keda’ian merupakan kewajiban bagi setiap orang muslim, sesuai dengan propesi dan kapasitas masing-masing.
Proses penyelenggaraan dakwah yang terdiri dari berbagai aktivitas dilakukan dalam rangka mencapai nilai tertentu. Nilai tertentu yang diharapkan dapat dicapai dan diperoleh dengan jalan melakukan penyelenggaraan dakwah itu disebut tujuan dakwah. Bagi proses dakwah tujuan adalah merupakan salah satu faktor yang paling penting dan sentral. Tujuan menjadi dasar landasan penentuan strategi dan sasaran,  dalam rangka menentukan arah serta scope aktivitas dakwah.54)
Adapun tujuan dakwah sebagai sebuah proses dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
1.      Tujuan utama (mayor objective) dakwah, yaitu nilai atau hasil akhir yang ingin dicapai atau diperoleh oleh keseluruhan tindakan dakwah. Tujuan utamanya seperti yang dirumuskan dalam devinisi dakwah, yaitu terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akherat yang diridhoi oleh Allah SWT.55)
Atas dasar ini, maka tujuan dakwah pada hakekatnya adalah juga merupakan tujuan hidup manusia. Bahwa setiap manusia menurut ajaran al-Qur’an senantiasa menginginkan kebahagiaan dan kesejahteraan  di dunia dan di akherat.56) Firman Allah SWT. dalam surah al-Baqarah   ayat 201:
.....ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار (البقرة : 201)

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akherat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”57)
2.      Tujuan Departemental (tujuan perantara) dakwah, yaitu nilai-nilai atau hasil-hasil yang harus dicapai oleh aktivitas dakwah pada masing-masing segi atau bidang.58)
Hal ini memberikan kita sinyal bahwa dalam berdakwah tidak dapat memprediksikan hasil sekali jadi, dan dakwah harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus.59) Sebagaimana diturunkannya al-Qur’an secara bertahap dan berangsur-angsur, sebagai indikator bahwa proses dakwah pun perlu dilakukan secara bertahap dan berangsur-angsur pula.60)
Sementara itu tujuan dakwah dapat dibagi dua, berkaitan dengan aspek obyek dan materi dakwah.
a.       Dari aspek tujuan obyek:
1.      Tujuan perorangan, pribadi yang taat kepada Allah dan berakhlak mulia,
2.      Tujuan keluarga, keluarga sakinah,
3.      Tujuan masyarakat, yang damai, sejahtera dan Islami,
4.      Tujuan umat manusia, terciptanya masyarakat dunia yang penuh dengan kedamaian, ketenangan serta tegaknya keadilan tanpa adanya diskriminasi dan eksploitasi.
b.      Dari aspek materi:
1.      Tujuan aqidah, tertanamnya aqidah Islam,
2.      Tujuan hukum, taat hukum,
3.      Akhlak, berbudi luhur berakhlak mulia.61)
c)      Unsur-unsur Dakwah
Kegiatan berdakwah dalam beberapa hal dapat dilihat sebagai kegiatan komunikasi. Sebab dalam setiap proses komunikasi setidak-tidaknya ada lima kompunen komunikasi yang harus diperhatikan, yaitu komunikator, isi pesan, medium, komunikan dan feed back (umpan balik).62)
Dakwah dapat dikatakan sebagai komunikasi yang khas. Kekhasannya terletak pada cara dan tujuan yang akan dicapai. Kalau dalam komunikasi tujuannya adalah mengharap partisipasi dari komunikan atas ide dan pesan yang disampaikan tersebut akan terjadi perubahan sikap dan tingkah laku. Dalam dakwah juga demikian, namun pada dakwah menggunakan cara yang persuasip, (informative, melayani, bukan instruktif dan membebani, apalagi mengancam63)) Dan tujuannya adalah terjadinya perubahan sikap dan tingkah laku sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam.64)
Adapun unsur-unsur dakwah adalah:
1.      Subyek dakwah,
Kalau selama ini kita cenderung melihat makna komunikator (subyek dakwah) atau penyampai pesan adalah mereka yang dapat disebut ulama, atau muballigh, maka makna itu harus diperluas. Kita harus mempersepsikan bahwa sesungguhnya kita semua mempunyai tugas kedai’an.65)
Hal ini senada dengan apa yang dikemukakan oleh Hasan Al-Bana pendiri gerakan (harakah) Ikhwanul Muslimin di Mesir yang mengatakan bahwa kegiatan dakwah identik dengan Islam itu sendiri yang memiliki pengertian yang luas, yakni sistem nilai yang komprehensif, mencakup seluruh dimensi kehidupan manusia dalam segala aspeknya, sehingga bagi Al-Bana aktivitas dakwah itu bisa dilakukan oleh siapa saja menurut kapasitas subyeknya.66)
Sedangkan karakteristik seorang juru dakwah menurut Hasan Al-Bana adalah:
1). Pondasi teologis yang kokoh,
2). Berkepribadian yang kuat,
3). Berakhlak mulia,
4). Berpengetahuan luas,
5). Memiliki semangat jihad yang tinggi,
6). Istiqomah.67)
Bekal juru dakwah yang lainnya adalah kecerdasan emosional (emotional intelegence), yaitu kemampuan memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain, juga menggunakan perasaan-perasaan tersebut untuk memandu pikiran dan tindakan.68)
Tiga unsur komunikator menurut Ilmu Komunikasi adalah:
1)      Kredebilitas,
2)      Atraksi,
3)      Kekuasaan yang akan cukup mempengaruhi terjadinya perubahan yang ada pada audience.69)
2.      Obyek dakwah
Khalayak atau target audience maknanya juga perlu diperluas, bukan hanya di mesjid, musholla, majelis taklim, tetapi juga mereka yang berada ditempat lain seperti kantor, perusahaan, rumah sakit dan lain-lain. Semua anggota masyarakat sebagai individu atau kelompok, yang kaya dan yang miskin, di perkotaan maupun di pedesaan, kaum terpelajar ataupun awam. Tentu saja dengan cara dan pendekatan yang berbeda disesuaikan dengan kondisi fisik dan psykologi, latar belakang dan kompleksitas kepribadian.70)
Slamet Muhaimin Abda membedakan sifat manusia sebagai obyek dakwah secara Psykologis dan sosiologis.
Secara Psykologis, yaitu:
1.      Sifat-sifat kepribadian (personality traits), segala yang menyangkut sifat-sifat manusia secara umum.
2.      Intelejensi, yaitu aspek kecerdasan seseorang, mencakup tingkat kewaspadaan, kemampuan belajar, kecepatan berfikir, ketegasan mengambil keputusan, kepekaan menangkap dan mengolah pesan.
3.      Pengetahuan (knowledges).
4.      Ketrampilan (skill).
5.      Nilai-nilai (values).
6.      Peranan (roles).
Secara Sosiologis, yaitu:
1.      Nilai yang dianut, kepercayaan, agama, tradisi dan sebagainya.
2.      Adat dan tradisi, yaitu kebiasaan yang turun-temurun.
3.      Pengetahuan (knowledges)
4.      Keterampilan (skill)
5.      Bahasa (language)
6.      Milik kebendaan (material possesion).71)
3.      Materi dakwah
Pada dasarnya materi dakwah hanyalah al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber pokok, tetapi pada perkembangannya sesuai dengan situasi dan kebutuhan jamannya, maka materi dakwah juga bersumber pada sumber-sumber dinamis berupa “al-Qur’an Besar” yaitu universum, langit dan bumi serta segala yang ada diantara keduanya. Jika dahulu bahkan sekarang muballigh dominan berbicara tentang akherat, sorga dan neraka, halal dan haram, maka materi dakwah kini perlu diperluas untuk juga menggeluti masalah-masalah dunia dan kekinian. Untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akherat.72)
Namun secara umum materi dakwah antara lain:
1.      Aqidah.
2.      Akhlak.
3.      Ahkam.
4.      Ukhuwah.
5.      Sosial
6.      Budaya.
7.      Pendidikan.
8.      Kemasyarakatan.
9.      Amar ma’ruf
10.  Nahi munkar.73)
4.      Metode dakwah
Metode dalam berdakwah  adalah menyangkut bagaimana  dakwah itu sebaiknya dilaksanakan. Dalam hal ini Allah SWT. sebenarnya telah memberikan petunjuknya dalam al-Qur’an. Seperti yang terdapat dalam surah an-Nahl ayat 125 yang berbunyi:
ادع الى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتى هي احسن (النهل : 125)

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.”74)
Mempertimbangkan ruang lingkup dakwah yang meliputi segala aspek kehidupan manusia, sesuai dengan ayat diatas, maka metode dakwah dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu hikmah, nasehat yang baik dan mujadalah. Dimana dalam mengajak (dakwah) orang kepada suatu kebenaran haruslah mempertimbangkan kondisi obyektif dari orang atau masyarakat yang menjadi obyek dakwah.75)
Perkataan hikmah biasa diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dengan bijaksana atau kebijaksanaan. Syeikh Muhammad Abduh dalam Tafsir Al-Manar mendefinisikan hikmah dengan “memahamkan rahasia dan faedah dari tiap-tiap sesuatu, juga sebagai ilmu yang shahih (benar dan sehat) yang mengarahkan kemauan untuk melakukan sesuatu perbuatan yang bermanfaat.” 76)
Dakwah bil hikmah adalah dakwah yang dilakukan dengan terlebih dahulu memahami secara mendalam segala sesuatu yang berhubungan dengan proses dakwah, yang meliputi persoalan sasaran dakwah, tindakan-tindakan yang akan dilakukan, masyarakat yang menjadi obyek dakwah, situasi tempat dan waktu dimana dakwah akan melaksanakan dan sebagainya.77)
Menurut A. Ali Mukti dakwah bil hikmah adalah kesanggupan da’i atau muballigh untuk menyiarkan ajaran Islam dengan mengingat waktu dan tempat, dan masyarakat yang dihadapinya.78)
5.      Media dakwah
Pelaksanaan aktivitas dakwah senantiasa menyesuaikan kondisi dan situasi yang semakin mengarah kepada perubahan yang lebih maju, maka dituntut efesiensi dan efektivitas menyesuaikan secara kontekstual, kondisional, sarana dan prasarana dengan instrumen yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kegiatan dakwah. Instrumen-instrumen tersebut dapat dijadikan alat penghubung dakwah, meliputi instrumen yang bersifat auditif maupun audio visual.79)
Sementara itu A. Hasjmy dalam bukunya ‘Dustur Dakwah Menurut al-Qur’an’ menjabarkan media dakwah sebagai berikut:
1.      Mimbar dan khitabah, majelis taklim.
2.      Qalam dan kitabah, tulis menulis dalam media cetak.
3.      Masrah dan malhamah, pementasan dan penoramaan.
4.      Seni suara dan seni bahasa, lagu dan syair.
5.      Madrasah dan dayah, lembaga pendidikan.
6.      Lingkungan kerja dan usaha.80)

Tinjauan tentang Sastra
Puisi dan Sastra[1])
Pada mulanya puisi difahami sebagai susunan kata-kata. Sejumlah baris kalmat yang dijajar ke bawah, dan dinyatakan oleh penulisnya atau orang yang membacanya sebagai puisi. Namun pernyataan ini bukanlah definisi. Bukan juga konvensi yang dapat dipakai untuk mengenali seluk beluk puisi, apresiasi dan pengembangannya kearah yang lebih dekat dengan proses-proses ekspresi dalam penciptaan puisi, sehingga mudah orang mengatakan bahwa semua orang bisa menulis puisi.
Berbeda, ketika puisi dipahami sebagai bentuk ekspresi seni yang diwujudkan melalui kata-kata dan diciptakan berdasarkan konvensi aturan, konsep atau kriteria-kriteria tertentu seperti: kemampuan dan kesanggupan intelektif (penalaran), intuitif (perasaan) maupun reflektif (perenungan) dalam berkarya, maka semua orang akan percaya, bahkan meyakini, bahwa tidak semua orang dapat menulis  puisi.
Dengan berkembangnya pemahaman atau pemikiran manusia, puisi diakui sebagai ilmu pengetahuan dimana makna puisi dan proses-proses penciptaannya dapat di pelajari dan diajarkan oleh siapa saja.
Sebagai ilmu pengetahuan, puisi memiliki definisi yang beragam. Ada yang mengatakan bahwa puisi adalah susunan kata yang indah dan bermakna. Ada juga yang berpendapat, puisi adalah susunan kata yang terikat oleh konvensi, oleh aturan atau unsur-unsur bunyi. Sementara yang lain menganggap, puisi merupakan susunan kata-kata yang indah dan dirangkai dalam bentuk yang indah. Puisi juga sering disebut sebagai pernyataan jiwa, emosi, dan pengalaman yang diungkapkan melalui kata-kata terpilih, padat, dan singkat. Puisi juga berarti susunan kata yang keluar dari percampuran antara perasaan dan pikiran. Namun ada juga yang mendefinisikan sebagai rekaman peristiwa yang paling berkesan dalam kehidupan, dan dinyatakan dalam susunan kata yang hemat dan tepat.
Dari ragam definisi diatas, setidaknya dapat ditemukan beberapa unsur pokok atau konvensi yang menyebabkan susunan atau rangkaian kata-kata itu bisa disebut puisi, yakni:
-          Unsur penulisan (padat, singkat dan tepat)
-          Unsur keindahan (irama, bunyi dan nada)
-          Unsur perasaan (emosi, kesan, dan pengalaman)
-          Unsur pikiran (logika, penggambaran, atau penafsiran terhadap peristiwa), serta
-          Unsur Makna (arti, pesan, atau amanat)
Dalam perkembangan sastra Indonesia terkini, puisi sering juga disebut sajak, atau syair. Ketiganya merupakan istilah yang dapat dipakai secara bergantian dan sama sekali tidak mengandung perbedaan.
Sebagai ekspresi seni, puisi dapat ditulis atau dicipta memalui cara-cara tertentu, atau biasa disebut dengan poses kreatif, atau tahap-tahap yang mesti dilalui dalam penciptaan (penulisan) puisi. Proses kreatif dalam penciptaan puisi pada dasarnya tidak mengikat. Artinya, proses kreatif itu bisa berbeda antara orang (seniman) yang satu dengan yang lainnya. Namun dalam proses penciptaan puisi secara umum dapat dikelompokkan menjadi empat tahap; yaitu penerapan, pengendapan, penulisan dan perbaikan.
Yang pertama, tahap penerapan menunjuk pada proses atau kegiatan sehari-hari untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, melalui membaca, melihat, merasakan terahdap berbagai peristiwa, kejadian, dan pengalaman yang bersifat individual (dalam kehidupannya sendiri), sosial (di tengah masyarakat) maupun universal (kemanusiaan dan ketuhanan).
Yang kedua, tahap pengendapan; berarti memilih atau menyaring informasi (masalah, tema, ide, gagasan) yang menarik dari tahap pertama, kemudian memikirkan, merenungkan dan menafsirkan sesuai dengan konteks, tujuan dan pengetahuan yang dimiliki. Dengan begitu, segala informasi yang diperoleh tidak langsung diterima, tetapi harus diolah dan dikaitkan, dibentuk dan dikembangkan seluas mungkin.
Yang ketiga, penulisan; merupakan proses yang paling genting dan rumit. Pada tahap ini, seluruh energi kreatif (kemampuan daya cipta) intuisi dan imajinasi (kepekaan rasa dan kecerdasan pikiran), pengalaman dan pengetahuan, berbaur menjadi satu untuk mencari dan menemukan kata-kata atau kalimat yang tepat, sengkat, dan padat, yang indah dan mengesankan, dan dianggap telah mewakili informasi dan hasil perenungan yang diperoleh dari tahap/kegiatan sebelumnya. Sampai kata-kata itu menjadi tersusun dan bermakna, terbentuk dan terbaca sebagai puisi.
Yang keempat, perbaikan: tahap ini dapat juga disebut pembacaan ulang terhadap puisi yang telah dilahirkan. Disini, ketelitian dan kejelian seseorang untuk mengoreksi seluruh rangkaian kata, kalimat, baris dan bait, sangat dibutuhkan. Kemudian mengubah, mengganti, atau menyusun kembali setiap kata atau kalimat yang tidak/kurang tepat; sehingga, seluruh susunan kata itu saling terkait, saling berhubungan, saling mendukung dan membiasakan gaya bahasa, deskripsi atau penggambaran yang bersifat unik (simbolik, metaforik), berkesan, utuh, dan mendalam. Oleh karena itu, bisa jadi proses perbaikan dapat memakan waktu yang lebih lama dari penulisannya, sampai puisi tersebut telah dianggap ”menjadi” tidak lagi dapat diubah atau diperbaiki.
Dalam bidang kesusastraan, proses kreatif sering ditafsirkan sebagai latar psikologis yang menyebabkan seorang memiliki keyakinan yang utuh untuk menekuni dan menulis karya satra. Namun, proses kreatif juga dapat dipersamakan dengan kecenderungan teknik dan metode penulisan yang dikembangkan oleh seorang sastrawan.
Sehingga karya-karya yang dihasilkan memiliki karakter khas yang bersifat unik dan orisinal, atau setidak-tidaknya dapat memenuhi kriteria dalam kualitas karya sastra, seperti puisi. Oleh karena itu, proses kreatif penulisan sastra memiliki jalinan erat dengan tingkat apresiasi, wawasan dan pengetahuan seorang pengarang terhadap bentuk dan jenis kesusastraan yang dipilih. Disamping itu juga proses kreatif, mengisyaratkan adanya minat dan bakat, perjuangan dan kepercayaan diri, sehingga jenis dan bentuk tulisan yang dihasilkan dapat dinyatakan oleh dirinya sendiri sebagai karya sastra atau telah dianggap memenuhi kualitas dan kriteria-kriteria dalam penciptaan puisi. Kemudian dipublikasikan melalui media massa yang bersifat konvensional, seperti dibacakan ditengah masyarakat, diberbagai tempat), elektronik (radio, televisi, dan lain sebagainya) maupun printikal (buku, koran, tabloid, majalah dan jurnal).
Dalam pengertian lain, pengembangan dapat dipahami sebagai aktivitas yang paling menentukan dalam proses kreatif penulisan puisi. Sehingga puisi-puisi yang telah dilahirkan dapat bertemu dan berkomunikasi secara langsung dengan pembacanya.
Sastra dan Komunikasi
Manusia telah menjadikan bahasa sebagai kebudayaan imflisit untuk mengungkapkan skema kognitifnya, yaitu skema fikiran, gagasan dan pengalamannya tentang dunia.81) Istilah sastra untuk menyebut gejala budaya yang dapat dijumpai pada semua masyarakat meskipun secara sosial, ekonomi dan keagamaan keberadaannya tidak merupakan keharusan. Hal ini berarti bahwa sastra merupakan gejala yang universal. Akan tetapi suatu fenomena pula bahwa gejala universal itu mendapat konsep yang universal pula. Kriteria yang ada dalam suatu masyarakat tidak selalu cocok dengan kriteria sastra yang ada pada masyarakat lain.82)
Bahasa sastra juga bersifat dinamis, terbuka terhadap adanya kemungkinan penyimpangan dan pembaharuan, namun juga tidak mengabaikan fungsi komunikasinya. Penuturan kesusastraan pun pada hakekatnya dapat dipandang sebagai proses (usaha) komunikasi.83)
Fenomena yang universal sekaligus individual itu memperlihatkan sifat-sifat yang dapat ditarik dari berbagai sisinya. Wujud ciptaan yang dipandang sebagai hasil kegiatan bersastra pertama-tama diliahat dari bahan bakunya, yaitu bahasa. Namun pemakaiannya berbeda dengan pemakaian sehari-hari (natural atau ordinary language) yang memberikannya sifat spesial (Lotman, 1972). Atau sering juga disebut menyimpang (ungrmatikalitis) (Riffaterre, 1978, Bdk., Ellis 1974), dan menimbulkan interpretasi ganda. Atau menurut Umar Yunus (1985) pengolahan dengan memanipulasi, hingga bahasa sastra memiliki susunan yang kompleks (Ellis, 1974). Bahasa sastra dicirikan sebagai bahasa (yang mengandung unsur) emotif dan bersifat konotatif sebagai kebalikan dari bahasa non sastra, khususnya bahasa ilmiyah, yang rasional dan denotatif.84)Bila pemakaian bahasa dalam kegiatan sehari-hari merupakan sistem pembentukan yang pertama, maka sastra merupakan sistem yang kedua, secondary modeling system (Lotman, 1972).85)
Karya sastra lahir di tengah-tengah masyarakat sebagai hasil imajinasi pengarang serta refleksinya terhadap gejala-gejala sosial di sekitarnya. Oleh karena itu kehadiran karya sastra merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Pengarang sebagai subjek individual mencoba manghasilkan pandangan dunia (vision du monde) kepada subjek kolektifnya. Siknifikansi yang dielaborasikan subjek individual terhadap relaitas di sekitarnya menunjukkan sebuah karya sastra berakar pada kultur tertentu dan masyarakat tertentu. Keberadaan sastra yang demikian itu, menjadikan ia dapat diposisikan sebagai dokumen sosio-budaya.86)
Ada dua kelompok sastra menurut Goldman, yaitu karya sastra yang dihasilkan pengarang kelas utama dan kelas kedua. Karya sastra pengarang kelas utama adalah karya sastra yang strukturnya dibangun dengan struktur kelompok atau kelas sosial tertentu. Sedangkan karya sastra yang dihasilkan pengarang kelas dua adalah karya sastra yang isinya hanya sekedar reproduksi segi permukaan realitas sosial dan kesadaran kolektif.87)
Suatu karya sastra memiliki bangunan tidak saja dari segi intrinsik tetapi juga memiliki segi ekstrinsik yang kuat.
Segi intrinsik yang dimaksud adalah latar atau setting, penokohan atau perwatakan , tema dan gaya memiliki posisinya yang khusus dalam penelitian sastra. Sedangkan segi ekstrensik suatu karya sastra adalah hal-hal di luar karya sastra yang secara langsung ataupun tidak langsung berkaitan dengan keberadaanya, seperti faktor-faktor psikologis, sosiologis, geografis, ekonomis, politik dan relegiusitas.88)
Bahasa yang digunakan secara istimewa dalam ciptaan sastra, pada hakekatnya, dalam rangka fungsi sastra berperan sebagai sarana komunikasi, yaitu untuk menyampaikan informasi. Dengan memperhatikan teori komunikasi yang dikemukakan oleh Eco, yang cenderung memperlihatkan gejala reduksi dan penyusutan dalam yang terkandung dalam informasi, maka memanipulasi kata pada hakekatnya dalam rangka mewujudkan sastra sebagai sarana komunikasi yang maksimal (Eco, 1976). Dalam kondisi informasi yang demikian, sastra merupakan alat komunikasi yang padat informasi. Ia menjadi alat tranmisi yang paling ekonomis dan paling kompak, alat yang mempunyai kemampuan menyampaikan  informasi yang tidak dimiliki oleh alat lain (Lotman, 1972).89)
Melalui karyanya pengarang ingin mengkomunikasikan sesuatu kepada pembaca lewat beberapa bentuk, bisa melalui karya puisi, cerpen, kisah, novel atau bisa juga dalam bentuk naskah drama. Masing-masing pengarang memiliki cara dan kekhasannya sendiri-sendiri, berdasarkan pernyataan dari seorang pakar sastra yang menyatakan bahwa penekanan karya sastra yang baik biasanya selalu memiliki akar yang jelas.90) 
Dalam Proses Komunikasi atau penyampaian pesan, Islam mengenalnya sebagai pendekatan dakwah Islamiyah, sasaran dakwahnya adalah pembaca, pendengar atau penonton dari sebuah karya sastra. Model pendekatan dakwah seperti ini sangat erat pula kaitannya dengan metode dakwah atau manajemen dakwah, yaitu perencanaan dan pengorganisasian elemen-elemen dakwah secara sistematis. 91)
Model transpormasi komunikasi sastra dengan komunikasi dakwah dimaksudkan terutama untuk menggali kekayaan dan menciptakan berbagai alternatif sisitem dakwah yang lebih bisa memenuhi kebutuhan jaman, dimana informasi tidak bisa terlepas dari bentuk-bentuk hiburan dan keseniaan pada umumnya . Oleh karena itu upaya mengungkap makna nilai-nilai relegius dan hubungannya dengan sistem simbol sebagai ciri khas dunia sastra, baik simbol menurut struktur bahasa sastra sendiri maupun unsur simbol yang  ada diluar sastra, dimana ia barada dalam masyarakatnya yakni sistem budaya, memerlukan ketelitian dan pencarian wawasan yang luas secara khusus.92)
Pesan moral dalam Sastra
Moral dalam karya sastra biasanya mencerminkan pandangan hidup pengarang yang bersangkutan, pandangannya tentang nilai-nilai kebenaran, dan hal itulah yang ingin disampaikannya kepada pembaca.93)
Moral dalam karya sastra dapat dipandang sebagai amanat, pesan, message. Bahkan, unsur amanat itu, sebenarnya, merupakan gagasan yang mendasari penulisan karya itu, gagasan yang mendasari diciptakannya karya sastra sebagai pendukung pesan.94)
Pesan moral sastra lebih memberat pada sifat kodrati manusia yang hakiki, bukan pada aturan-aturan yang dibuat, ditentukan, dan dihakimi oleh manusia.95)
Dari isi tertentu karya sastra, fiksi, dapat dipandang sebagai bentuk manifestasi keinginan pengarang untuk mendialog, menawar, dan menyampaikan sesuatu. Sesuatu itu mungkin berupa pandangan tentang suatu hal, gagasan, moral, atau amanat. Dalam pengertian ini, karya sastrapun, dapat dipandang sebagai sarana komunikasi. Namun, dibandingkan dengan sarana komunikasi yang lain, tertulis ataupun lisan karya sastra merupakan salah satu wujud karya seni yang notabene mengemban tujuan estetik, tentunya mempunyai kekhususan sendiri dalam hal menyampaikan pesan-pesan moralnya.96)
Pesan Moral dalam sastra sendiri dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
1.      Pesan Relegius. Kehadiran unsur relegius dalam sastra adalah suatu keberadaan sastra itu sendiri. Bahkan, sastra tumbuh dari sesuatu yang bersifat relegius. Karena pada awal mulanya segala sastra adalah relegius.97) Istilah relegius membawa konotasi agama. Relegius dan agama memang erat berkaitan, berdampingan, bahkan dapat melebur dalam satu kesatuan, namun sebenarnya keduanya menyaran kepada makna yang berbeda. Agama lebih menunjukkan pada kelembagaan kebaktian kepada Tuhan dengan hukum-hukum yang resmi. Relegiusitas, dipihak lain, melihat aspek yang di lubuk hati, riak getaran nurani pribadi, totalitas kedalam pribadi manusia.98) Dengan demikian, relegius bersifat mengatasi, lebih dalam, dan lebih luas dari agama yang tampak, formal dan resmi.99)
2.      Pesan Kritik Sosial. Banyak karya sastra yang bernilai tinggi yang di dalamnya menampilkan pesan-pesan moral berupa kritik sosial. Namun perlu ditegaskan, bahwa karya-karya tersebut menjadi bernilai  bukan lantaran pesan itu, melainkan lebih ditentukan oleh koherensi semua unsur yang membangunnya. Pesan moral hanya merupakan salah satu unsur pembangun karya sastra, yang sebenarnya justru tidak mungkin terlihat dipaksakan dalam karya yang baik, walau hal itu mungkin sekali sebagai salah satu pendorong ditulisnya sebuah karya. Selain itu, pesan moralpun khususnya yang berupa kritik sosial, dapat mempengaruhi aktualisasi karya yang bersangkutan.100)
Sedangkan bentuk penyampaian pesan moral dalam karya sastra dapat dibagi dua,101) yaitu:
1.      Bentuk penyampaian langsung, artinya moral yang ingin disampaikan kepada pembaca dilakukan secara langsung dan eksplisit. Pengarang, dalam hal ini, tampak bersifat menggurui pembaca, secara langsung memberikan nasehat dan petuahnya. Pesan moral yang bersifat langsung biasanya terasa dipaksakan dan kurang koherensif dengan unsur-unsur yang lain. Hal itu tentu saja justru akan merendahklan nilai literer karya yang bersangkuatan. Karena karya sastra adalah karya estetis yang  memiliki fungsi untuk menghibur, memberi kenikmatan emosional dan intelektual. Untuk mampu berperan seperti itu, karya sastra haruslah memiliki kepaduan yang utuh diantara semua unsurnya.
2.      Bentuk penyampaian tidak langsung, artinya pesan moral yang ingin disampaikan tidak disampaikan secara langsung, tetapi hanya tersirat dan berpadu secara koherensif dengan unsur-unsur yang lain. Bukankah cara penyampaian yang demikian justru memaksa pembaca untuk merenungkan dan menghayati secara lebih intensif?
Bukankah salah satu sifat khas sastra adalah berusaha menungkapkan sesuatu secara tidak langsung? Berangkat dari sifat esensi inilah sastra tampil dengan kompleksitas makna yang dikandungnya. Hal itu justru dapat dipandang sebagai kelebihan karya sastra, kelebihan dalam hal banyaknya kemungkinan penafsiran, dari orang seorang, dari waktu ke waktu. Hal ini pulalah yang menyebabkan karya sastra sering tidak ketinggalan, sanggup melewati batas waktu dan kebangsaaan.
Persoalan yang dihadapi pembaca kemudian adalah: mampukah ia menemukan dan mengenali pesan-pesan moral itu, dan kalau mungkin mengambil hikmahnya.
Penelitian Sastra
Sastra merupakan bagian dari kelompok ilmu-ilmu humaniora, seperti halnya bahasa, sejarah, kesenian, filasafat dan etika. Keseluruhan ilmu-ilmu humaniora itu merupakan esensi kebudayaan. Penelitian sastra bermanfaat untuk memahami aspek kemanusiaan dan kebudayaan yang tertuang dalam karya sastra.102)
Abrams (1979), membagi model pendekatan dalam penelitian ke dalam empat kelompok besar,103) yaitu:
                                      i.      Model yang menonjolkan kajian terhadap peran pengarang sebagai pencipta karya sastra disebut ekspresif,
                                    ii.      yang menitik beratkan sorotannya terhadap peranan pembaca sebagai penyambut dan penghayat sastra disebut pragmatif,
                                  iii.      yang lebih berorientasi kepada aspek referensial dalam kaitannya dalam dunia nyata disebut memetik,
                                  iv.      sedangkan yang memberi perhatian penuh pada karya sastra sebagai struktur otonom dengan koherinsi intrinsik disebut pendekatan objektif.
Dalam penelitian ini memilih pendekatan pragmatif, dan menggunakan teori resepsi sastra.104) Teori ini dapat disebut sebagai aliran yang meneliti teks sastra dengan bertitik tolak pada pembaca yang reaksi atau tanggapan terhadap teks. Hal ini berarti bahwa karya sastra tidak sama pembacaan, pemahaman dan penilaian sepanjang masa atau dalam golongan masyarakat tertentu. Teori Resepsi Sastra dengan Jausz sebagai orang pertama yang telah mensistematiskan pandangan tersebut kedalam satu landasan teoritis yang baru untuk mempertanggung jawabkan variasi dan interpretasi sebagai sesuatu yang wajar.105)
Dalam perumusan teori ini, dalam memberikan sambutan terhadap suatu karya sastra, pembaca diarahkan oleh “horizon harapan” (horizon of ekspectation). Horison harapan ini merupakan interaksi antara karya sastra disatu pihak dan sistem interpretasi dalam masyarakat penikmat dipihak lain.106) Horizon harapan karya sastra yang memungkinkan pembaca memberi makna terhadap karya tersebut, sebenarnya telah diarahkan oleh penyair lewat sistem konvensi sastra yang dimanfaatkan dalam karyanya.107)
Konsep “horizon harapan” menjadi dasar teoeri Jausz ditentukan oleh tiga kriteria: (1) norma-norma umum yang terpancar dari teks-teks yang telah dibaca oleh pembaca; (2) pengetahuan dan pengalaman pembaca atau semua teks yang telah dibaca sebelumnya; (3) pertentangan antara fiksi dan kenyataan, misalnya kemampuan memahami teks baru, baik dalm horizon ‘sempit’ dari harapan-harapan sastra maupun dalam horizon ‘luas’ dari pengetahuan tentang kehidupan.108)
Konsep teori yang kedua dikemukakan oleh Wolfgang Iser, terutama terlihat dalam karangannya yang berjudul Die Appel-structur de texte (1975). Disini Iser membicarakan konsep efek (wirkung), adalah sebuah cara teks sastra mengarahkan reaksi pembaca terhadapnya. Menurut Iser sebuah teks sastra dicirikan oleh kesenjangan atau bagian-bagian yang tidak ditentukan (interdemenate sections). Kesenjangan tersebut merupakan satu faktor penting efek yang hadir dalam teks untuk diisi oleh pembaca. Jika kesenjangan itu sedikit, teks dapat mendatangkan kebosanan kepada pembaca, hal ini dipertentangkan dengan kesenjangan yang meningkat.109) Bagian-bagian yang tidak disebutkan itu disebut juga dengan istilah “tempat-tempat terbuka” (blank, openness) di dalam teks. Proses pemahaman sebuah karya sastra merupakan bolak-balik pembacaan untuk mengisi blank itu, sehingga seluruh perbedaan segmen dan pola perspektif teks dapat dihubungkan dalam satu kebulatan. Tempat terbuka itu terjadi karena sifat karya sastra yang asimetri, tidak berimbang antara teks dengan pembaca. Apabila pembaca berhasil menjembatani kesenjangan tersebut, maka berbagai kemungkinan komunikasi pun telah dimulai. Aktivitas pembacaan dalam proses menjembatani kesenjangan atau mengisi tempat terbuka itu dikontrol dan diarahkan oleh teks itu sendiri.110)
Kedua konsep dasar teori resepsi sastra ini, ialah “horizon harapan” dan “tempat terbuka”, merupakan pengetahuan dasar untuk memahami resepsi sastra. Kedua konsep ini dalam tahap berikutnya terlihat muncul kembali dalam masalah hubungan intertekstualitas. Pembacaan Iser misalnya, mempunyai kedekatan dengan tahap pembacaan retroaktif pada Riffaterre. Tahap pembacaan kedua ini bertujuan untuk membongkar kode (decoding) di dalam teks, sehingga ditemukan hipogram-nya yang akan membulatkan makna karya tersebut. Hipogram adalah teks lain yang menjadi landasan penciptaan suatu karya, baik dalam kesejajaran maupun dalam pertentangan.111)

Metode Penelitian

Sifat Penelitian.
Penelitian skripsi ini bersifat kualitatif, yakni dengan menitik beratkan pada segi alamiah dan mendasarkan pada karakter yang terdapat dalam data,112) yang menekankan pada faktor kontekstual.113)
Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah sumber data dari penelitian di mana data diperoleh.114) Adapun yang menjadi subyek pada penelitian ini adalah:
a). Para pendahulu Teater ESKA
b). Pengurus Teater ESKA
c). Anggota Teater ESKA
d). Para Sutradara Pementasan Tadarus Puisi, antara lain:
1.      Edeng Syamsul Ma’arif (Pementasan “Keluk Gurindam” 1998)
2.      Solichul Hadi (Pementasan “Kabar Dari Langit” 2000)
3.      Zuhdi Siswanto (Pementasan “Ziarah Abadi” 2001)
e). Pelaku dan Pengamat Kesenian
1.      Joni Ariadinata (Cerpenis, Pelukis, Essais, Redaktur Horison)
2.      Iman Budi Santoso  (Cerpenis, Penyair, Essais, Pelukis)
3.      Bambang JP. (Cerpenis, Penyair, Essais, Pelukis)

Obyek Penelitian
Obyek penelitian adalah masalah yang ingin diteliti atau masalah penelitian yang dijadikan obyek penelitian, yaitu suatu problem yang harus dipisahkan atau dibatasi melalui penelitian.115)
Adapun obyek penelitian ini adalah segala aktivitas kesenian Teater ESKA, yang kemudian akan dikhususkan pada Pementasan Tadarus Puisi.
Tehnik Pengumpulan Data:
sample, menggunakan purposive sampling,116) sampel yang biasanya sedikit dan dipilih menurut kepentingan dan tujuan penelitian.
intervieuw,117) pengumpulan data dengan komunikasi langsung antara     peneliti dengan subjek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan  interviuew tak terstruktur.118)
dokumentasi,119) pengumpulan data mengenai hal atau variable yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya.

Teknik Analisa Data
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif pada dasarnya merupakan langkah-langkah melakukan reinterpretasi obyektif tentang fenomena-fenomena yang terdapat dalam permasalahan yang diteliti.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dimana objek yang diteliti dipandang sebagai suatu kasus yang diamati secara intensif dan mendetail untuk memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari suatu kasus yang kemudian dari sifat-sifat khas tersebut akan dijadikan hal yang bersifat umum.

Sistematika Penulisan

Bab satu. Merupakan bab pendahuluan yang terdiri dari Penegasan Judul, Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Kegunaan Penelitian, Kerangka Pemikiran Teoritik, dan Metode Penelitian.
Bab dua membahas tentang  Gambaran Umum  Teater ESKA IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yang terdiri dari Sejarah Berdirinya, Visi, Misi dan Orientasi, Struktur Organisasi & Program Kerja, Konsep Estetika dan Proses Kreatif.


Bab tiga  yang merupakan bab pembahasan Pesan Dakwah dalam Pementasan Tadarus Puisi.
Bab empat yang merupakan bab penutup terdiri dari Kesimpulan dan Saran.


Selengkapnya Silahkan >>>DOWNLOAD


Tags: PESAN DAKWAH  DALAM PEMENTASAN TADARUS PUISI  TEATER ESKA IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net