Kamis, 29 April 2010

Syekh Ahmad Rifa'i Rejoso

KH.RIFA’I ROMLI SH.

KH.Rifa’i Romli lahir di rejoso pada tanggal 22 april 1942, yang merupakan putra pertama dari KH.Romli Tamim dan Ibu Nyai Khodijah,putri Kyai Luqman dari Suwaru Mojoagung . pada masa kecilnya di didik dan dan di asuh langsung oleh KH.Romli Tamim, baru setelah menginjak dewasa, melanjutkan pendidikanya di madrasah ibtida’iyyah , mu’allimin (setingkat SLTP) di darul ‘ulum, kemudian nyantri di pondok lirboyo kediri . Setelah menempuh pendidikan di pesantren salaf tersebut beliau melanjutkan studinya di fakultas usuluddin Universitas Darul ‘Ulum ( UNDAR ) Jombang dan IAIN Sunan Ampel, beliau juga menimba ilmu di fakultas hukum UNDAR jombang, perjalanan hidup beliau di habiskan untuk pengabdian di pondok pesantren darul ‘ulum, sosok kepribadian yang murah senyum (ramah), alim, sabar dan bersahaja, memandang hidup apa adanya kesedarhanaan yang membuat masyarakat segan, akan kehidupan beliau.

Beliau mulai ikut berkiprah dalam kepemimpinan di darul ‘ulum mulai tahun 1972 M, sebagai kepala sekolah SMP DARUL ‘ULUM 1, kemudian secara berturut-turut menjadi ketua umum ikatan keluarga pondok pesantren darul ‘ulum “ IKAPDAR “ pada tahun 1976, Ketua Jam’iyyah Ahli Thariqoh Mu’tabaroh Idonesia “ JATMI “, menggantikan kedudukan almarhum Dr.KH.Musta’in Romli, Juga menjadi ketua thoriqat qodariyyah wan naqsabandiyyah.

Sering kali dalam mau’idzoh beliau, menggunakan bahasa yang elementer, kental dengan bahasa jawa sehingga mudah di terima oleh semua kalangan masyarakat sepuh (tua) di keluarga besar thoriqoh Qodiriyyah wan naqsabandiyyah maupun di kalangan santri. Dalam memompa para mustami’inya beliau sering menyampaikan :
“ DUK TALI LAYANGAN AWAK SITUK ILANG-ILANGAN ”
(duk tali layang-layang dalam berjuang,badan satu,perlu dikorbankan sampai titik darah penghabisan).

Sementara di luar darul ‘ulum beliau juga menjadi anggota DPRD Tingkat II jombang mulai tahun 1972 sampai tahun 1992 dan menjadi anggota DPRD Tingkat I mulai tahun 1992 sampai beliau wafat.
KH.Rifa’i Romli wafat pada tanggal 12 desember 1995 dengan meninggalkan istrinya Ny.Hj.Ummu aiman binti KH.Mahrus ali lirboyo kediri, dan putra-putrinya antara lain:

Nawang wulan jannatul firdaus, kholilatussa’idah, syarif hidayatulloh, rohmatul akbar, kennedy mu’ammar kadafi, nur laili kamali, yuliana hasinah, indira zulicha.
Semoga Alloh Swt, memberi ampunan kepada beliau, memberi balasan yang sebaik-baiknya terhadap segala pengabdian dan perjuangannya .amiin.

Demikian Biografi singkat sosok al-Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah Pusat Peterongan Jombang Jawa timur.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net