Senin, 03 Mei 2010

Kisah Dua Serigala

Seorang kakek tua dari suju indian menasehati cucunya yang sedang marah marah karena diperlakukan tidak adil oleh temannya.

"Biarkan aku bercerita kepadamu,aku juga kadang-kadang benci sekali kepada orang-orang yang mengambil terlalu banyak tanpa rasa sesal.Namun,kebencian akan melemahkanmu,dan tidak merugikan musuhmu akan mati.Aku seringkali berjuang untuk mengalahkan perasaan ini.

ia melanjutkan...
"Seperti ada dua srigala dalam tubuhku.Srigala yang satu baik dan tidak membahayakan.ia hidup harmonis dengan semua yang ada di lingkunganya;tidak pernah menyerang selama tindakan itu tidak diperlukan.Ia hanya akan menyerang bila dibenarkan untuk berbuat demikian.dan dengan cara yang benar.Ia menyimpan semua tenaganya untuk peperangan yang benar".

Ia melanjutkan...

"Namun srigala yang lain.ahhh..! Ia penuh amarah.Hal-hal kecil dapat membuatnya marah.Ia

menyerang setiap orang tanpa alasan.Ia tidak dapat berfikir waras karena dikuasai oleh kebencian dan kemarahanya.Sesungguhnya kemarahannya itu sia-sia saja,karena tidak menghasilkan perubahan apapun.Kadang-kadang sulit hidup dengan kedua srigala ini dalam diriku.Sebab,keduanya berusaha saling menguasai jiwaku."

Cucunya menatap tajam mata kakeknya lalu bertanya,"Kakek,mana di antara dua srigala itu yang menang?"
Dengan tersenyum dan tenang kakek menjawab,"yang MENANG adalah srigala yang ku beri makan."

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net