Senin, 26 Maret 2012

IMPLEMENTASI METODE BERPROGRAMA, PENEMUAN DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR

IMPLEMENTASI  METODE BERPROGRAMA,  PENEMUAN DAN  CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA:
{ Studi Kasus Pada Siswa Kelas I SMU I Temon Kulon Progo }
metode ceramah
 Oleh Team www.seowaps.com

BAB I
PENDAHULUAN

1.2. Latar Belakang  Masalah

Sistem pembelajaran modern salah satu cirinya adalah mengembangkan proses belajar mengajar yang diarahkan pada kegiatan siswa atau Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Hal ini juga harus ditunjang dengan penggunaan metode mengajar yang mendukung terlaksananya CBSA tesebut. Metode pembelajaran yang direncanakan tersebut terus dapat mendukung hasil belajar secara optimal. Menurut Winarno Surachmat, hasil belajar sebagai tujuan belajar tidak boleh lepas dari pengumpulan pengetahuan, penemuan konsep dan kecekatan, serta pembentukan sikap dan perbuatan. (1986:65)
Sejalan dengan usaha pencapaian hasil belajar secara optimal segenap perolehan siswa dari suatu pelajaran dapat dikatakan sebagai titik akhir sementara pada proses beloajar mengajar yang telah berlangsung. Hasil belajar nampak pada perubahan tingkah laku, reaksi dan sikap siswa secara fisik maupun mental. Keadaan ini menjadi suatu kesatuan yang menyukuruh pada perubahan tingkah laku sebagai hasil utama dari keseluruhan proses hasil belajar mengajar. Mengingat hal tersebut, maka hasil belajar suatu materi pelajaran tertentu akan turut berperan dalam pencapaian tujuan belajar secara umum. Penyelenggaraan proses belajar yang efektif dan efisien diperlukan untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Hal ini sebagai konsekwensi dari keterkaitan antara hasil belajar suatu materi tertentu terhadap tujuan belajar. Demikian pula halnya dalam pencapaian materi tertentu membutuhkan metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan bagaimana cara mempelajarinya.
Efektifnya suatu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar, dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Karena dari hasil belajar tersebut tercermin perlibatan mental secara penuh antara guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Menurut Sudirman N, dkk, suatu metode yang digunakan oleh guru tidak selamanya berat, namun tergantung pada bagaimana guru dan murid dapat melibatkan mentalnya dengan sepenuhnya.(1991:111)
Rasio efektifitas suatu metode  mengajar sulit dipastikan, karena penggunaan metode pembelajaran tersebut masih membutuhkan penyesuaian-penyesuaian pada sekolah yang bersangkutan, sehingga ada kemungkinan antara tiga metode mengajar yang disamakan secara efektif untuk menyampaikan materi yang sama
Pelakasanaan proses belajar mengajar  di SMU I Temon Kulon Progo banyak metode mengajar yang digunakan dalam menyampaikan materi fisika,adalah :metode ceramah ,metode diskusi ,metode demontrasi. Namun metode berprograma dan metode penemuan belum digunakan.Sehingga bertolak dari hal tersebut maka penelitian dalam hal ini ingin mencobakan apakah ada perbedaan hasil belajar antara metode berprograma,metode penemuan dan metode ceramah pada mata pelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas 1 SMU I Temon Kulon Progo.
Dari ketiga metode mengajar diatas ada kelebihan dan ada kekurangannya,namun menurut penulis metode penemuan lebih unggul dari metode yang lain.hal ini hanya sebatas perkiraan saja,namun akan terbukti ketika penulis melakukan penelitian.Selain hal tersebut diatas , sepanjang pengetahuan peneliti , di SMU I Temon Kulon Progo belum ada peneliti lain yang mengadakan penelitian dengan masalah yang sama yang di lakukan oleh peneliti.  

1.3. Rumusan Masalah

Adapun masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah :
Adakah perbedaan antara prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus  Kelas 1 yang menggunakan: metode berprograma, metode penemuan, metode ceramah.
Metode mana yang memiliki kontribusi besar terhadap peningkatan prestasi siswa kelas 1 SMU 1 Temon Kulon Progo Yogyakarta tahun pelajaran 2004/20051.4. Batasan Masalah

1.5. Tujuan Penelitian

      Sesuai dengan masalah penelitian yang diungkap pada pereumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah:
a.Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode berprograma, metode penemuan, dan metode ceramah pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus pada semester 1 kelas 1 SMU 1 Temon Kulon Progo Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005.
b. Mengetahui metode mana yang memiliki kontribusi besar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode berprograma, penemuan dan ceramah pada mata pelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas I SMU I Temon Kulon Progo Semester I th. 2004/2005.

1.6. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai :
Bahan masukan bagi sekolah, khususnya SMU I Temon Kulon Progo semester I th.2004/2005
Bahan pertimbangan hasil staf pengajar SMU I Temon Kulon Progo dalam memilih strategi mengajar khususnya kelas I semester I dan sekolah lainnya pada umumnya.
Dasar acuan bagi peneliti di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta khususnya program pendidikan.
Tambahan pengetahuan bagi peneliti dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam bentuk penelitian

1.7. Tinjauan Pustaka

Sepanjang penulis ketahui bahwa belum ada buku yang membahas tentang perbedaan hasil belajar antara metode berprograma, metode penemuan dan metode ceramah. Di dalam buku “Proses Belajar Mengajar” oleh B.Suryo Subroto di dalamnya hanya berisi secara garis besar kelemahan dan kelebihan metode.(1997:165-168). Di samping itu juga dalam buku Tehnologi Pendidikan oleh S.Nasution di dalamnya hanya berisi tentang pengertian tentang metode-metode mengajar beserta ciri-cirinya, bukan perbedaan antara metode-metode pengajaran tersebut.(1987:58).
Di dalam buku Diktaktik Metodik Pendidikan Umum oleh Imansyah Alipandle di dalamnya hanya berisi secara garis besar tentang metode ceramah, sedangkan metode berprograma di dalamnya tidak dijelaskan oleh sebab itu dari buku-buku yang penulis baca, bahwa belum ada judul buku yang membahas tentang perbedaan hasil belajar antara ketiga metode tersebut. Oleh karenanya penulis memberanikan diri untuk menulis skripsi ini.(1984:75)


Selengkapnya Silahkan >>> DOWNLOAD

Tags: IMPLEMENTASI  METODE BERPROGRAMA,  PENEMUAN DAN  CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA:
{Studi Kasus Pada Siswa Kelas I SMU I Temon Kulon Progo}

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net