Senin, 26 Maret 2012

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MM UGM YOGYAKARTA



PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MM UGM YOGYAKARTA


PERPUSTAKAAN
Oleh: seowaps.com

BAB I
PENDAHULUAN

            Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak yang sangat luas bagi dunia perpustakaan. Kehadiran sarana dan prasarana pengolah informasi berupa perangkat keras dan lunak menuntut perpustakaan untuk merombak sistem kerjanya baik yang sifatnya internal maupun eksternal dalam upaya memberikan layanan kepada pengguna.
            Perpustakaan sebagai pusat informasi bagi seluruh pengguna pada abad teknologi informasi ini. Perpustakaan berperan sebagai pusat ilmu pengetahuan dalam institusi baik bisnis, kerja, akademik maupun pemerintahan. Untuk itu perpustakaan dituntut untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan.
            Untuk mempermudah pelayanan informasi tidak hanya terbatas pada perpustakaan  itu sendiri, akan tetapi juga dapat di akses dari luar perpustakaan, informasi tidak hanya dikemas dalam bentuk buku tetapi juga bentuk lain yang lebih informatif. Dengan bantuan teknologi informasi pelayanan informasi perpustakaan dapat dilakukan dengan mudah menuju sasaran informasi yang diperlukan. Ketersediaan informasi yang lengkap sangatlah penting di lingkungan perguruan tinggi untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
            Perkembangan teknologi informasi ditinjau dari berbagai media baik cetak ataupun elektronik berkembang pesat sehingga dapat terwujud  perpustakaan elektronik, internet dokumen elektronik dan web site. Dengan media yang seperti itu informasi dapat lebih  cepat terserap dan sampai pada pengguna di belahan dunia.
            Perpustakaan berkembang dari waktu ke waktu dan dari zaman ke zaman. Media baru berupa digitalisasi sumber informasi perpustakaan adalah wujud dan upaya dalam rangka memberikan pelayanan bagi para pengguna perpustakaan untuk menyenangi dan memanfaatkan keberadaan perpustakaan sesuai dengan kondisi zaman yang berkembang pesat saat ini dalam bidang teknologi informasi.
            Koleksi perpustakaan yang sudah lama akan mudah lapuk dan rusak. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maka perpustakaan berubah menjadi bentuk digital, maka akan tetap banyak orang yang tertarik dengan koleksi yang sebenarnya sudah tidak layak lagi. Tentu saja koleksi buku baru dan informasi baru yang disimpan dalam bentuk media elektronik untuk memudahkan dalam akses informasi, transfer informasi dan tukar menukar informasi dari berbagai lokasi dan waktu yang berbeda.
            Penerapan TI di perpustakaan memang selayaknya dicermati secara khusus (Hindar Purnomo: 2002). Hal ini bukan saja dikarenakan memerlukan dan yang besar, tetapi juga  menyangkut aspek SDM dan lingkungan.
            Perpustakaan MM UGM untuk lebih memaksimalkan pelayanan bagi para penggunanya telah membentuk digitalisasi perpustakaan dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah penelusuran oleh penggunanya.
A. LATAR BELAKANG
           Dalam penyusunan laporan ini penulis mengambil tema Pemanfaatan Teknologi   Informasi di Perpustakaan  MM UGM  dengan pertimbangan bahwa:  

         1. Perpustakaan MM UGM belum memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarkan informasi kepada pengguna yang ingin menelusur dari tempat yang jauh
Menurut pengamatan penulis, perpustakaan  digital MM UGM mampu membangun sistem informasi jarak jauh. Hal ini didukung dengan adanya sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi dan biaya operasional yang memadai.
    2. Tuntutan pemakai untuk dapat menelusur  informasi yang ada di                   perpustakaan  MM UGM dari jarak yang jauh
    3. Pada masa yang akan datang UGM akan menerapkan sistem jaringan antar perpustakaan dan UPT perpustakaan UGM sebagai pusatnya. Untuk itu, semua perpustakaan di lingkungan UGM harus menggunakan sistem informasi terhubung
4.  Perpustakaan virtual dengan koleksi elektronik yang beragam dan proses  yang cepat menuntut perpustakaan untuk  dapat mengelola dengan baik perpustakaan elektronik
B. RUMUSAN MASALAH
            Dari latar belakang yang telah penulis uraikan diatas, maka rumusan masalah  yang dapat penulis rumuskan antara lain:
1. Sejauh mana pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan  MM   UGM ?
2. Apa saja teknologi informasi yang dimanfaatkan di perpustakaan MM UGM?
C. TUJUAN
      Tujuan penulis melakukan PKL di perpustakaan MM UGM adalah :

1.      Untuk membandingkan teori yang diperoleh selama kuliah dengan yang kenyataan yang ada di lapangan
2.      Untuk melihat secara langsung kegiatan yang terjadi di perpustakaan MM UGM
3.      Untuk mengetahui dunia kerja secara langsung
 Sedangkan tujuan penulis mengambil tema pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan elektronik adalah:
1.      Untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan teknologi informasi di   perpustakaan  MM UGM
2.      Untuk menambah wawasan serta pengetahuan penulis tentang teknologi informasi
3.      Untuk membandingkan teori teknologi informasi dengan penerapannya di perpustakaan MM UGM
D. MANFAAT
            Penulis berharap tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi:
1.      Diri sendiri
Menambah pengetahuan dan wawasan tentang  penerapan teknologi informasi di perpustakaan.
2.      Lembaga
Penulis berharap dapat memberikan masukan, saran maupun pendapat bagi kemajuan teknologi informasi di perpustakaan elektronik MM UGM dan pengembangan materi di program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Sunan Kalijaga
3.      Masyarakat
Memberikan kemudahan kepada masyarakat  dalam penelusuran informasi    
di perpustakaan MM UGM
4.      Dunia Ilmu Pengetahuan
Penulis berharap ilmu perpustakaan dapat berkembang sesuai dengan berkembangnya teknologi informasi yang pesat.

E. METODE PENGUMPULAN DATA

            Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode:
1.      Studi Literatur
Studi literatur yaitu suatu studi yang dilaksanakan untuk mempelajari dan menelaah buku-buku atau bahan bacaan yang lebih erat kaitannya dengan masalah atau ruang lingkup yang dibahas ( Arikunto,1997:33)
Penulis mengambil dari buku teks, buletin, jurnal dan karya akademik
2.      Observasi
Yaitu pengamatan secara langsung mengenai hal-hal yang terjadi di lingkungan (Arikunto,1993:202)
Penulis melakukan pengamatan langsung selama penulis melakukan PKL di perpustakaan MM UGM
3.      Wawancara
Wawancara adalah proses tanya jawab dalam penelitian yang berlangsung secara lisan dalam menanya dua orang atau lebih kemudian mendengarkan secara langsung informasi atau keterangan (Nabuka dan Ahmadi,1997:83)
Untuk mendapatkan data yang akurat, penulis melakukan wawancara kepada pustakawan yang ada di perpustakaan MM UGM
     4.    Dokumentasi
Yaitu metode pengumpulan data yang bersumber pada benda-benda seperti     buku, majalah, dokumen dan sebagainya (Arikunto, 1998: 144)       
                         
F. WAKTU DAN TEMPAT PENELITIHAN
Penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan di perpustakaan program studi MM UGM mulai tanggal 16 Februari sampai dengan 16 Maret dengan jam kerja Senin-Jum'at dari pukul 07.00-16.00 WIB

G. SISTEMATIKA PENULISAN

     BAB I: PENDAHULUAN
Membahas mengenai latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
     
      BAB II: GAMBARAN UMUM
          Membahas tentang sejarah, tujuan dan fungsi, gedung,struktur organisasi, lokasi, pelayanan, koleksi, personalia dan kegiatan

BAB III: LANDASAN TEORI

Mengkaji tentang teknologi informasi, teknologi yang biasanya dimanfaatkan di perpustakaan dan jenis-jenis teknologi informasi

    BAB IV: PEMANFAATAN  TI  DI PERPUSTAKAAN MM UGM
Membahas mengenai  latar belakang teknologi informasi di perpustakaan MM UGM, tujuan pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan MM UGM, teknologi yang ada di perpustakaan MM UGM dan kendala yang dihadapi perpustakaan MM UGM dalam memanfaatkan teknologi informasi.

     BAB V: PENUTUP

                   Berisi kesimpulan dan saran

Selengkapnya Silakan ==>  DOWNLOAD 

Tags: PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MM UGM YOGYAKARTA
Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net