Senin, 26 Maret 2012

PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN KAMPUS I YOGYAKARTA LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN



PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN KAMPUS I YOGYAKARTA LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
BAHAN PUSTAKA

BAB  I 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Salah satu fungsi perpustakaan adalah menyimpan koleksi yang diperlukan oleh pemakai. Sebuah perpustakaan dalam penyajian informasi  harus mengenal kemauan pemakai. Hal ini bertujuan agar koleksi yang disajikan bermanfaat bagi pengguna. Untuk itu perpustakaan yang ideal adalah  mampu menyediakan koleksi sesuai kebutuhan pemakai.
Pengembangan koleksi mencakup semua kegiatan untuk memperluas koleksi yang ada di perpustakaan. Menurut Yuyu Yulia (1993 : 17), untuk mencapai pengembangan koleksi yang sesuai dengan tujuan perpustakaan dan kebutuhan pemakai maka perpustakaan harus menetapkan kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis berisikan tentang prioritas, penolakan dan persetujuan atas bahan pustaka yang akan di seleksi. Kebijakan ini harus dijadikan pegangan bagi  pustakawan dalam proses penyeleksian bahan pustaka. Penyeleksian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan pustaka yang sesuai kebutuhan pemakai, masih adakah di pasaran, mutu yang baik serta sesuai dengan tujuan perpustakaan, dalam hal pengadaan bahan pustaka.
1
Kegiatan pengadaan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan perpustakaan yang bertugas mengadakan dan mengembangkan semua jenis bahan pustaka (Yuyu Yulia, 1993 : 1).  Kegiatan pengadaan merupakan kegiatan unit pelaksana  teknis yang penting bagi suatu perpustakaan dalam rangka memperluas koleksi dan membangun koleksi yang kuat demi kepentingan pemakai maka kegiatan pengadaan bahan pustaka ini harus dilaksanakan oleh orang yang berpengalaman luas tentang bahan pustaka, trampil dalam urusan administrasi serta mengetahui fungsi dan tujuan perpustakan, agar koleksi yang disajikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
Alasan penulis memilih judul  pengadaan bahan pustaka di UPT Perpustakaan UAD Kampus 1, karena kegiatan pengadaan bahan pustaka merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan di perpustakaan, karena kegiatan ini menjadi salah satu faktor yang menunjang bagi perpustakaan dalam pemenuhan kebutuhan informasi bagi pemakai.

Perumusan Masalah

Masalah dalam laporan pengadaaan bahan pustaka adalah sebagai berikut:
Bagaimana kebijakan pengadaan koleksi di UPT Perpustakaan UAD Kampus 1 .
Metode apakah yang digunakan dalam pengadaan bahan pustaka.

Tujuan

Tujuan penulisan laporan ini adalah:
Penulis mengetahui apa saja kebijakan pengadaan bahan pustaka yang ada di UPT Perpustakaan UAD Kampus 1.
Penulis mengetahui metode pengadaan bahan pustaka yang digunakan oleh UPT Perpustakaan UAD Kampus 1.

Tujuan diadakannya praktik kerja lapangan adalah:
1.      Penulis terlibat langsung dalam kegiatan di Perpustakaan atau tempat PKL.
2.      penulis mengetahui proses, budaya, sistem kerja, dan kompetensi yang dibutuhkan di tempat kerja.
3.      Penulis dapat berinteraksi dengan para pustakawan, pimpinan, lembaga/ intansi/perusahaan maupun sistem yang terdapat didalamnya sehingga dapat mempromosikan dirinya sebagai calon tenaga yang kompetensi.

Waktu dan Tempat PKL

Praktik kerja lapangan betempat di Universitas Ahmad Dahlan Kampus 1, yang beralamat di jl. Kapas 9 Semaki Yogyakarta 55164. Pelaksanaan dimulai tanggal 16 Februari – 16 Maret 2004 pada hari Senin - Jumat. Adapun jadwalnya adalah sebagai berikut:
              Hari Senin – Kamis : pukul 08.00 - 13.30.
              Hari Jumat               : pukul 08.00 - 11.00
Metode pengumpulan data.
Pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam laporan ini diperoleh dengan metode- metode sebagai berikut:      
Metode Observasi.
Metode Observasi merupakan metode pengamatan langsung terhadap suatu benda, kondisi, situasi, proses dan kegiatan (Faisal, 1999 :  52). Metode ini digunakan penulis untuk memperoleh data mengenai :     proses dan kegiatan yang berlangsung di UPT Perpustakaan UAD Kampus 1, mengetahui keaadan atau kondisi dari UPT Perpustakaan UAD Kampus 1, struktur organisasi, penguna  serta  pelayanan UPT  Perpustakaan UAD Kampus 1.
Metode Wawancara.
Metode Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan jalan wawancara yaitu: mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden (Singarimbun, 1985 : 145). Metode ini digunakan  penulis untuk memperoleh data: mengenai besarnya anggaran keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan, kebijakan pengadaan, metode pengadaan, jumlah personalia dan pendidikannya, jenis koleksi (bahan pustaka) yang ada di UPT Perpustakaan Kampus I UAD, dan struktur organisasinya.
      Dalam pelaksanaanya penulis melakukan wawancara dengan Kepala UPT Perpustakaan dan karyawan yang ada.
Metode Dokumentasi.
Metode Dokumentasi adalah metode pengumpulan data yang bersumber pada benda - benda tertulis seperti buku, majalah, dokumen dan sebagainya(Arikunto, 1998 : 149). Metode ini digunakan penulis untuk mendapatkan data tentang sejarah singkat, tugas dan fungsi, personalia, pengguna, landasan teori tentang pengadaan bahan pustaka  serta letak gedung dan tata ruang.
F.  Sistematika  Penulisan Laporan.
Sistematika dalam penulisan  laporan ini terbagi dalam 5 bagian yaitu:

BAB  I     PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan laporan, waktu dan tempat praktik, metode pengumpulan data dan sistematika  penulisan laporan.

BAB  II   GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN UAD KAMPUS I

Meliputi sejarah singkat,  tugas, fungsi, struktur organisasi, letak gedung dan tata ruang, personalia, koleksi, pengguna, pelayanan perpustakaan, dan anggaran.

BAB III  LANDASAN TEORI

Berisi tentang  pengertian pengadaan bahan pustaka, jenis-jenis bahan pustaka, kebijakan pengadaan, verifikasi dalam kegiatan pengadaan, metode pengadaan bahan pustaka dan teknik pemesanan bahan pustaka.

BAB IV  PEMBAHASAN

Berisi tentang pembahasan dari perumusan masalah mengenai suatu topik dengan membandingkan antara kondisi riil dengan teori yang telah dimunculkan.
BAB V    PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dan saran.

Selengkapnya Silahkan >>> DOWNLOAD

Tags: PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN  UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN KAMPUS I YOGYAKARTA LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Copyright © Sufi ~ Artikel Ilmu Tasawuf dan Sufisme All Right Reserved
Hosted by Satelit.Net Support Satelit.Net